Jumat 27 Jan 2012 17:34 WIB

Pantai Gading Melaju ke Perempatfinal Piala Afrika

Rep: M. Iqbal/ Red: Hafidz Muftisany
Piala Afrika 2012
Foto: www.mtnfootball.com
Piala Afrika 2012

REPUBLIKA.CO.ID, MALABO -- Pantai Gading mengikuti jejak tuan rumah Guinea Khatulistiwa melangkah ke babak perempatfinal Piala Afrika 2012.Kepastian ini didapatkan Didier Drogba dan kawan-kawan setelah mengalahkan Burkina Faso 2-0 dalam laga yang berlangsung di Nuevo Estadio de Malabo, Kamis (26/1).

Penyerang asal Chelsea Salomon Kalou berhasil membuka keunggulan Les Elephants pada menit ke 16.  Gol bunuh diri Babary Kone pada menit ke 82 melengkapi kemenangan Pantai Gading.  Kekalahan ini membuat Burkina Faso tersingkir karena ini merupakan kekalahan kedua mereka sepanjang keikutsertaan mereka di ajang tertinggi di Afrika tersebut.

Kembalinya Didier Zokora di lini tengah Pantai Gading memberikan keseimbangan bagi lini tengah.  Namun Pitroipa tanpa henti merepotkan pertahanan Pantai Gading sepanjang laga.

Setelah itu, kendali berbalik arah ke kubu Les Elephants.  Memanfaatkan umpan jauh Yaya Toure, Salomon Kalou berhasil melepaskan tendangan voli yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang Burkina Faso Daouda Diakite.  Gol yang tercipta di menit ke 16 ini membawa Pantai Gading unggul 1-0. 

Keunggulan 1-0 Pantai Gading bertahan sampai wasit Gehad Grisha meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir. 

Memasuki babak kedua, kendali masih berada di tangan Didier Drogba dan kawan-kawan. Petaka untuk Burkina Faso hadir pada saat laga tersisa delapan menit.  Upaya Babary Kone menghalau tendangan bebas Arthur Boka justru mengarah ke gawang timnya.  Kedudukan 2-0 bertahan sampai dengan akhir pertandingan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement