Jumat 03 Feb 2012 05:52 WIB

Inilah Isi Keputusan Sela CAS soal Persipura

Rep: Amri Amrullah/ Red: Didi Purwadi
Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS/Court of Arbitration of Sport)
Foto: www.thedjokosusilo.org
Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS/Court of Arbitration of Sport)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pengadilan Arbitrase Olahraga (Court of Arbitration for Sports/CAS) di Zurich, Swiss, Rabu (1/2) waktu setempat mengeluarkan keputusan sela terkait gugatan Persipura Jayapura terhadap PSSI. Persipura menggugat PSSI atas keputusannya yang membuat klub kebanggaan masyarakat Papua itu tercoret keikutsertaannya dari Liga Champions Asia musim ini.

Seperti dikutip dari situs resmi CAS yakni tas-cas.org, inilah isi lengkap keputusan CAS yang memenangkan gugatan Persipura.

FOOTBALL - Persipura (INDONESIA). Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) memutuskan sementara tentang kembalinya keikutsertaan Persipura dalam AFC CHAMPIONS LEAGUE 2012.

LAUSANE, 1 Februari 2012. Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) telah memutuskan untuk memberikan tindakan sementara yang telah diminta oleh Klub Sepakbola Indonesia-Persipura Jayapura, dan memerintahkan pemulihan keikutsertaan klub di Liga Champions AFC 2012.

Persipura seharusnya dapat bertanding di playoff Liga Champions Asia AFC 2012 (Zona-Timur) pada 11 Februari 2012 melawan Adelaide United FC (Australia). Namun pada akhir November 2011, Asosiasi Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menghapus Persipura dari keikutsertaan Liga Champions Asia AFC 2012. Dengan alasan disipliner dan meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menggantikan klub dengan Persija Jakarta.

Kenyataannya, AFC yang telah menghapus Persipura itu ternyata tidak mengganti klub tersebut dengan Persija Jakarta. Sebagai akibatnya, Adelaide United FC dibebaskan dari pertandingan playoff dan diberikan akses langsung ke babak penyisihan grup kompetisi (pertandingan pertama akan dimainkan pada 6 Maret 2012).

Atas dasar keputusan CAS pada gugatan keputusan sela, Persipura Jayapura berhak memainkan pertandingan playoff melawan Adelaide United FC. Dalam hal kualifikasi, status Persipura harus ditentukan oleh CAS setelah mempelajari berbagai penjelasan dari berbagai pihak (yaitu Persipura, PSSI, AFC dan Adelaide United FC) terhadap kasus ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement