Selasa 14 Feb 2012 08:20 WIB

Barcelona Fokus Hadapi Leverkusen

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Ramdhan Muhaimin
Pep Guardiola
Foto: AP/Manu Fernandez
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Pelatih Barcelona Pep Guardiola menegaskan bahwa timnya dalam konsentrasi penuh jelang laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2011/2012 menghadapi Bayer Leverkusen di BayArena, Selasa (14/2). Pep mengatakan El Barca harus menampilkan permainan terbaiknya agar bisa memetik keuntungan dari laga tandang ini.  

"Fokus utama saya saat ini adalah memahami Leverkusen," ujarnya seperti dilansir soccerway, Selasa (14/2).  

Mantan pemain Brescia ini menilai, timnya harus menguasai laga sejak awal.  Selain itu, pelanggaran di sekitar kotak penalti harus diminimalisasi.  

"Jika kami tidak mengontrol laga, kami akan mendapatkan masalah. Mereka sangat baik dalam duel bola-bola atas," ungkapnya.  

Saat ini, tim kebanggaan masyarakat Catalan tersebut mengalami kesulitan di La Liga.  Blaugrana tertinggal 10 poin dari Real Madrid yang memuncaki klasemen sementara La Liga dengan nilai 58.  Situasi ini sontak menimbulkan asumsi yang menyebut bahwa El Barca akan lebih fokus memenangi Liga Champions. 

Namun, Pep membantahnya. "Saya tidak memahami dari mana datangnya asumsi ini," tegas Pep.  

Meski begitu, pelatih berusia 41 tahun ini mengakui bahwa Liga Champions merupakan sebuah kompetisi yang sulit.  

"Liga Champions kali ini memiliki kadar kesulitan yang sama seperti saat kami memenangi di tahun 2009 dan 2011.  Belum ada satupun tim sejak Milan (pada 1989 dan 1990) yang berhasil mempertahankan gelarnya," katanya.  

Laga leg kedua dari pertemuan ini akan dihelat di Camp Nou pada 7 Maret mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement