Rabu 15 Feb 2012 17:48 WIB

Bergkamp Sindir Arsenal

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Hafidz Muftisany
Dennis Bergkamp
Foto: AP/Italo Banchero
Dennis Bergkamp

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan bintang Arsenal, Dennis Bergkamp, mulai bersuara melihat prestasi bekas klub yang dibelanya itu. Ia melontarkan sindiran terhadap Arsenal yang dianggap tidak mempunyai mental kemenangan.

Seperti dilansir Daily Telegraph, Bergkamp meragukan mental kemenangan skuat Arsenal saat ini. Mengingat sudah hampir tujuh tahun, skuat asal London Utara ini tak pernah lagi mengecap trofi juara. Terakhir Arsenal hanya bisa memenangkan trofi Piala FA pada 2005. Hasil ini pun mengundang komentar Bergkamp.

"Saya tidak yakin Arsenal cukup memiliki itu (mental kemenangan) dalam diri pemainnya," ujar mantan pemain Arsenal era 1995-2006 itu.Terkadang, ia katakan, tim akan lebih membutuhkan mental kemenangan daripada kemampuan untuk bisa melepas umpan dengan baik.

Bukan hanya persoalan mental, Bergkamp juga menyoroti pola permainan Arsenal. Dalam beberapa kali kesempatan, eks bomber tim nasional Belanda itu juga mencermati bagaimana cara the Gunners bermain.

Menurutnya, Robin Van Persie cs selalu memperlihatkan pola permainan yang sama. Ia katakan, terlalu mudah untuk dibaca. "Saya merasa terlalu banyak pemain dengan tipe yang sama saat ini. Seharusnya lebih banyak perbedaan," ujarnya.

Selama kariernya membela Arsenal, Bergkamp bisa turut menyumbangkan tiga trofi Liga Primer Inggris. Selain itu, ia juga bisa mempersembahkan empat gelar Piala FA. Karena itu, menurutnya, Arsenal kini membutuhkan beberapa pemain berkarakter kuat untuk membawa tim terus berjalan dan tidak menggantungkan diri pada satu sosok sentral.

"Anda juga membutuhkan pemain yang bisa membuat perbedaan dalam hal mencetak gol. Saya kira tidak banyak ada di sana saat ini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement