Sabtu 18 Feb 2012 20:34 WIB

Hari Ini, Ulang Tahun Roberto Baggio ke-45

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan
Roberto Baggio
Foto: .lifeinitaly.com
Roberto Baggio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari ini usia legenda pesepakbola Italia, Roberto Baggio, tepat 45 tahun. Baggio lahir di Caldogno, Italia, 18 Februari 1967. Mantan pemain Inter Milan ini mencapai puncak kariernya saat meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik FIFA pada 1993, ketika berkostum Juventus. Dia merupakan pemain terbaik Italia saat membela timnas Italia pada Piala Dunia 1994. Hasil terbaiknya adalah mengantarkan tim Gli Azzurri meraih posisi runner-up pada Piala Dunia 1994 yang diselenggarakan di Amerika Serikat.

Baggio ikut berpartisipasi dalam tiga kali ikut Piala Dunia, yakni 1990 saat Italia menjadi tuan rumah, 1994, dan 1998 di Prancis. Pesepakbola yang memulai karier profesionalnya di klub Vicenza ini tidak dipanggil pelatih Dino Zoof guna bergabung dalam skuat Italia menghadapi Piala Eropa 2000 di Belgia dan Belanda. Baggio juga ditinggalkan pelatih timnas Italia, Giovanni Trapattoni dalam Piala Dunia 2002 di Korea Selatan, karena dianggap belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Baggio yang memiliki gaya bermain flamboyan ini terkenal karena kegagalannya dalam mengeksekusi penalti dalam pertandingan final Piala Dunia 1994, saat timnya berhadapan dengan Brazil. Selama kariernya, Baggio mengoleksi 215 gol saat merumput di Liga Seri A, Sembilan gol dalam keikutsertaannya di tiga Piala Dunia, serta 27 gol selama membela timnas Italia. Baggio pensiun dari kompetisi sepakbola Seri A pada 2004, saat membela Brescia.

Setelah tidak bermain di lapangan, Baggio menjadi duta organisasi pangan dan pertanian PBB alias FAO, serta aktif melakukan berbagai kunjungan ke berbagai negara miskin. Sebelumnya, mantan pemain Chelsea dan timnas Italia, Gianluca Vialli memprediksi Roberto Baggio dan Guardiola, akan menjadi asisten pelatih dan pelatih Inter Milan pada musim depan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement