Jumat 02 Mar 2012 21:47 WIB

FIFA Tangani Serius Praktik Pengaturan Pertandingan

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Chairul Akhmad
FIFA
Foto: voanews.com
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Induk Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menaruh perhatian sangat besar akan adanya praktik kecurangan dalam dunia sepakbola. Sehingga perlu adanya penanganan serius untuk melakukan penyelidikan.

Baru-baru ini, laga Bahrain kontra Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia mendapat perhatian khusus. Penyebabnya tak lain dari kemenangan telak Bahrain 10-0 dalam laga itu.

FIFA sudah menyatakan akan melakukan penyelidikan terkait laga ini. Seperti apa yang ditegaskan Wakil Presiden FIFA, Prince Ali Bin Al-Hussein. "(Hasil) itu bisa saja hanya kebetulan. Bagaimanapun, mungkin saja terjadi sesuatu di belakang itu," kata Prince Ali, seperti dilansir ESPN Soccer, Jumat (2/3).

Menurut Ali, saat ini badan keamanan FIFA akan melakukan penyelidikan jika terjadi sesuatu yang mencurigakan dalam dunia sepak bola. Bagi Ali, praktik pengaturan pertandingan merupakan permasalahan besar yang harus segera ditangani.

FIFA, kata dia, harus serius melakukan penanganan ini di kawasan dan negara manapun kemungkinan praktik kecurangan terjadi. Termasuk kemungkinan adanya praktik kecurangan itu dalam laga Bahrain melawan Indonesia. "Kami akan melihat apa hasil dari penyelidikan nanti," ujarnya.

Langkah ini FIFA ini mendapat dukungan dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Dalam rilisnya, AFC secara resmi menyatakan akan membantu induk organisasi sepak bola dunia itu. "(Kami) bekerjasama dengan baik dengan badan sepak bola dunia untuk melakukan penyelidikan," demikian AFC.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement