Ahad 11 Mar 2012 21:08 WIB

Setahun Gempa Jepang, Del Piero Sumbang Miliaran

Rep: Nur Farida/ Red: Hafidz Muftisany
Alessandro Del Piero
Foto: AP/Massimo/Pinca/cs
Alessandro Del Piero

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Pencetak gol terbaik dalam sejarah Juventus Allesandro Del Piero hari ini, Ahad (11/3) ikut memperingati satu tahun peristiwa gempa dan tsunami Jepang.

Del Piero dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan dana milyaran untuk membantu korban bencana yang menimpa Jepang tahun lalu.

Peristiwa yang mengejutkan satu tahun lalu ini tidak akan pernah hilang dalam ingatan Del Piero, bukan hanya karena kedahsyatannya tetapi baginya semangat orang Jepang adalah yang terhebat yang pernah tercipta.

Melalui website pribadinya, pemain asal Italia ini tidak akan melupakan hari itu dan memuji kekuatan yang ditunjukkan bangsa Jepang pasca gemp bumi dan tsunami dahsyat.

“Tak seorangpn akan melupakan hari ini: 11 Maret 2011. Satu tahun lalu seperti kalian semua saya dikejutkan dengan berita dari Jepang: getaran bumi yang menakutkan, tsunami dan bencana nuklir mengerikan di Fukushima,” tulis Del Piero di situsnya.

Kini satu tahun, pesepakbola 37 tahun ini dibuat takjub dengan hasil pembangunan yang ditunjukkan maupun kemampuan merubah keputusasaan menjadi sebuah harapan. Tanpa disadari banyak orang di dunia Jepang telah bangkit dari keterpurukan.

Cara mantan pemain tim nasional Italia ini bersimpati tidak hanya ditunjukkan dengan menuliskan kekaguman di laman situs resminya. Del Piero menjual kaos amal yang dikhusukan untuk membantu bangsa Jepang.

Dari hasil lelang kaos amalnya, Del Piero berhasil menyumbangkan uang sejumlah 220 ribu euro (Rp 2.6 miliar). Del Piero berterimakasih kepada bangsa Jepang yang dengan pengalamannya selalu memberikan pencerahan bagi Del Piero.

“Saya senang bisa menunjukkan solidaritas saya kepada anda melalui kampanye Ale 10 friends for Japan,” ujar Del Piero dilansir laman resmi, Sabtu (10/3). Del Piero bergabung dengan ratusan teman lainnya yang bersedia menyumbangkan sedikit untuk keberanian bangsa Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement