Rabu 21 Mar 2012 07:26 WIB

Barca Hajar Granada, Messi Pecahkan Rekor

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Lionel Messi kini menjadi pemain tersubur sepanjang sejarah Barcelona
Lionel Messi kini menjadi pemain tersubur sepanjang sejarah Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- 'Enhorabuena, Leo! Selamat Leo!' Papan skor Stadion Camp Nou menyambut catatan sejarah yang baru saja ditorehkan mega bintang Barcelona, Lionel Messi. Striker asal Argentina itu kini menempatkan namanya sebagai top skor sepanjang sejarah El Barca.

Hattrick-nya ke gawang Granda dalam laga lanjutan La Liga, Rabu (21/3), membuat Messi menorehkan 234 gol untuk Barcelona dalam laga resmi. Angka ini mampu mematahkan rekor milik pemain legendaris La Blaugrana, Cesar Rodriguez, yang meraih 232 gol di era 1942-1955. Setelah bertahan lebih dari setengah abad, Messi akhirnya memecahkan rekor tersebut.

"Dia (Messi) yang terbaik, dia menciptakan era-nya," kata kiper Barca, Victor Valdez, seperti dilansir BBC Sport, seusai laga.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, pemain berjuluk El Messiah sukses menyarangkan tiga gol ke gawang Granada untuk melengkapi kemenangan Barca 5-3. Juru gedor berusia 24 tahun itu mencetak gol pada menit ke-17, 67 dan 86. Gol Barca lainnya disumbangkan Xavi Hernandez dan Tello. Sebaliknya Granda bisa membalas melalui dua gol dari Guilherme Siqueira dan tambahan satu gol dari Mainz.

Bukan hanya menjadi top skor sepanjang masa Barca, tambahan tiga gol juga membuat Messi memecahkan catatan terbaiknya musim lalu. Hingga saat ini, pemain yang akrab disapa Leo itu sudah membungkus 54 gol di semua kompetisi. Jumlah gol ini melampaui perolehan golnya di musim 2010/11, yakni 53 gol. Artinya, Messi juga kembali menorehkan rekor baru sebagai pemain Barca tersubur yang mencetak gol selama satu musim. Mengingat musim ini belum berakhir, bukan tidak mungkin Messi akan terus menambah koleksi golnya.

Tidak hanya berkesan untuk Messi, kemenangan atas Granada juga membuat Barca makin mendekati Real Madrid. Dengan koleksi 66 poin, El Barca hanya terpaut lima angka dari El Real. Namun tim asal Ibu Kota Spanyol itu masih memiliki satu laga lebih banyak dibandingkan Barca. Trigol Messi itu juga mengantarkan dirinya untuk menempati daftar top skor La Liga dengan raihan 34 gol. Messi berhasil unggul dua gol atas pesaing terdekatnya, Cristiano Ronaldo yang baru mengemas 32 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement