Senin 26 Mar 2012 12:31 WIB

Timnas U-23 Sea Games Myanmar Mulai Dibentuk

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - PSSI mulai fokus membentuk Timnas U-23 yang dipersiapkan turun pada SEA Games 2013 di Myanmar, kata Koordinator Tim Nasional Indonesia, Bob Hippy, yang dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (26/3).

"PSSI akan mencari pemain terbaik dengan melakukan 'road show' guna menyeleksi pemain ke sejumlah klub di Indonesia. Itu karena kami ingin memiliki tim yang benar-benar solid dan kompetitif," katanya.

Ia mengatakan bahwa seleksi pemain itu baru akan berakhir tiga bulan sebelum pelaksanaan SEA Games. PSSI mematok medali emas dalam ajang tingkat Asia Tenggara tersebut. PSSI akan melakukan penyeleksian pemain dengan rentang waktu yang relatif panjang. Diperkirakan, seleksi pemain timnas U-23 akan berakhir pada tahun 2013.

Menurut Bob, setelah tahap penyeleksian selesai, para pemain akan dijadwalkan menjalani pemusatan latihan dan melakukan serangkaian uji coba internasional.

Beberapa negara telah disiapkan dalam laga uji coba tersebut seperti Korea, Jepang, Cina dan Australia yang diketahui telah menawarkan diri untuk bertanding melawan Indonesia.

Untuk menambah jumlah pemain yang akan diseleksi, menurut dia, tidak menutup kemungkinan PSSI juga akan mencari pemain dari Divisi II dan Divisi I. Selain itu, para pemain yang akan bermain di ajang kualifikasi Piala Asia U-22 juga menjadi incaran PSSI. Untuk saat ini, menurut Bob, Timnas akan mencoba kekuatan tim Persijap Jepara pada 29 Maret mendatang, di Stadion Bumi Kartini, Jepara.

Disinggung tentang kekhawatiran kualitas para penggawa Timnas yang hanya akan dipilih dari tim IPL, Bob menjelaskan, saat ini ia masih berusaha agar bisa menyertakan pemain Indonesia Super League (ISL) mengikuti seleksi.

Alasannya, Kongres Tahunan PSSI telah mengakui ISL dengan persyaratan yang diberikan. Sehingga, selagi proses untuk merangkul klub ISL berjalan, dia ingin pemain juga bisa ikut seleksi agar pembentukan kerangka tim tidak terlalu terhambat seandainya damai terwujud.

Sementara itu, Pelatih Timnas U-23 adalah Aji Santoso dengan dibantu Widodo C Putro yang saat ini menangani timnas U-21 dan U-22.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement