Selasa 03 Apr 2012 05:00 WIB

Legenda Italia Chinaglia Tutup Usia

Rep: Nur Farida/ Red: Hafidz Muftisany
Giorgio Chinaglia
Foto: uefa.com
Giorgio Chinaglia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA – Mantan bintang tim nasional Italia, Lazio, dan New York Cosmos Giorgio Chinaglia meninggalk karena komplikasi dari serangan jantung.

Putra Chinaglia Anthony, mengatakan ayahnya meninggal pada usia 65 tahun di rumahnya di Naples, Florida, Ahad (1/4).

Mantan pesepak bola kelahiran Tuscany ini adalah pencetak gol terkenal sepanjang masa di Liga Sepakbola Amerika Utara, dengan raihan 262 gol yang dikumpulkan dalam delapan musim untuk Cosmos.

Karir Chinaglia bersama Lazio terjadi pada 1969, dia mencetak 98 gol dalam 209 pertandingan untuk tim Romawi ini. Bersama dengan Lazio, Chinaglia memenangkan gelar juara pertama bagi tim Italia pada 1974. Pada 1983-1985 mantan pemain Swansea ini diangkat menjadi presiden Lazio.

Pada 1976, Chinaglia bergabung dengan New York Cosmos bersama dengan legenda sepak bola Pele dan Franz Beckenbauer. Dia bermain di lini depan bergabung dengan kemahiran bermain Pele dan permainan apik Beckenbauer.

Pada 2000, Chinaglia dinobatkan ke US Soccer Hall od Fame dan terpilih sebagai pemaint terbesar dala, sejarah klub Lazio saat merayakan ulang tahun ke-100 klub.

“Meskipun tidak lagi menjadi warga Italia, saya dan seluruh kota Roma mengungkapkan belasungkawa mendalam,” kata Wali Kota Roma Gianni Alemanno dilansir laman AP, Senin (2/4)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement