Sabtu 14 Apr 2012 14:13 WIB

Christiano Ronaldo, Penyerang Komplit Serba Bisa

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo (AP Photo/Angel Fernandez).
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo (AP Photo/Angel Fernandez).

REPUBLIKA.CO.ID,  Bagi Real Madrid, sosok Cristiano Ronaldo merupakan jaminan di lini depan. Sejak kehadirannya pada musim 2009/10, penyerang asal Portugal langsung menjelma menjadi salah satu amunisi tertajam Los Blancos.

Di musim pertamanya bersama El Real, Ronaldo sudah menyumbangkan 33 gol di berbagai kompetisi. Catatan golnya ini meningkat pesat, bahkan hampir dua kali lipat pada musim berikutnya.

Ia mampu mencetak 53 gol dari 54 laga di berbagai kompetisi. Khusus di La Liga, Ronaldo  berhasil 40 kali menjebol gawang lawan dan membawanya meraih gelar El Pichichi. Sekaligus raihan Sepatu Emas sebagai raja gol di Eropa.

Kehadirannya di lapangan jelas menjadi ancaman bagi lini pertahanan lawan. Pemain berjuluk CR7 ini merupakan sosok penyerang komplit dengan pergerakan eksplosif. Ronaldo mampu menggunakan kedua kakinya dengan baik dan juga bisa membahayakan dalam duel bola udara. Tidak hanya itu, CR7 pun sangat berbahaya ketika mengeksekusi bola-bola mati.

Dengan skill lengkap dan mumpuni ini, Ronaldo berhasil mempertahankan ketajamannya di musim ini. Ia sudah bisa mencetak 52 gol untuk El Real di berbagai laga. Tidak hanya subur di La Liga, Ronaldo juga cukup tajam di kompetisi Eropa. Turun dalam delapan laga di Liga Champions, pemain berusia 27 tahun ini mampu mengemas delapan gol.

Ronaldo kini menjadi pemain tersubur ketiga di kompetisi teratas Eropa. Catatan golnya terpaut  enam, dari top skor sementara Lionel Messi. Mengingat CR7 baru mulai panas ketika El Real memasuki fase knockout. Apalagi ketika di babak grup, Ronaldo hanya turun dalam empat dari enam laga El Real dan hanya bisa menyumbang tiga gol.

Melihat selisih golnya dengan Messi, peluang Ronaldo untuk merebut gelar top skor terbilang tipis. Namun ia masih bisa menjadi sosok yang menentukan bagi Real Madrid untuk menembus partai final. Terlebih El Real juga mempunyai Karim Benzema yang kini sudah menyumbang tujuh gol.

Duet lini depan ini bisa menjadi ancaman serius ketika El Real menghadapi Bayern Muenchen di babak semifinal. Ronaldo bisa langsung adu ketajaman dengan kontestan lainnya, Mario Gomez dalam urusan menjebol gawang lawan. Siapa yang lebih unggul mempunyai kesempatan untuk menambah koleksi golnya di musim ini dan mengejar raihan Lionel Messi. c08/Irfan Fitrat

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 9 6 3 0 19 13 21
3 Villarreal Villarreal 9 5 2 2 17 0 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 9 4 3 2 12 4 15
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement