Rabu 18 Apr 2012 19:31 WIB

Robby Darwis Resmi Jadi Pelatih Kepala Persib

Robby Darwis
Foto: www.persib.co.id
Robby Darwis

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Persib Bandung akhirnya menetakan kepala pelatihnya. Ia tidak lain adalah Robby Darwis. Mantan pemain timnas ini akan menukangi 'Maung Bandung' hingga akhir musim kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012.

"Robby Darwis sepenuhnya akan menangani Persib Bandung hingga akhir musim ini, ia akan didampingi Anwar Sanusi sebagai assistennya. Ini keputusan bersama PT PBB dan manajemen tim," kata Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar di Bandung, Rabu (18/4).

Kekalahan terakhir Persib dari Persiba Balikpapan 2-3, tidak membuat peluang Robby Darwis sirna untuk menjadi pelatih kepala Maung Bandung. Bagi Robby sebagai pelatih kepala merupakan kesempatan pertama bagi Robby yang sudah lima tahun terakhir sebagai assisten pelatih Persib.

Penunjukkan Robby sebagai pelatih kepala, tidak lepas dari dukungan para pemain Persib yang menghendaki Robby mengambil alih kepelatihan Persib selepas pengunduran diri pelatih asal Kroasia Drago Mamic. Mantan libero Persib itu sudah memiliki sertifikat berlisensi A sehingga layak untuk memimpin Persib Bandung di ajang Liga Super Indonesia (LSI).

Keputusan manajemen Persib menunjuk pemain pengganti dari assisten pelatihnya itu baru pertama kali dilakukan. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir Persib selalu merekrut pelatih pengganti dari luar Persib.

Namun keputusan itu tidak lepas dari tidak adanya pelatih asal Bandung yang berlisensi A. Robby sendiri mendapatkan sertifikasi kepelatihan lisensi A itu pada 2011. "Penunjukkan Robby sebagai Pelatih adalah keputuan bersama, hasil rapat bersama. Bukan keputusan saya sendiri," kata Umuh Muhtar.

Ia optimis di tangan Robby Persib memiliki peluang untuk bangkit. Terlepas dari kekalahan atas Persiba, kata Umuh dukungan dari para pemain untuk Robby juga cukup besar sehingga akan menjadi modal bagi Persib untuk bangkit. "Kami memberikan target kepada pelatih baru Persib minimal finis di peringkat kelima klasemen akhir LSI," kata Umuh.

Sementara itu dukungan bagi Robby datang dari kapten tim Persib Bandung, Maman Suryaman yang menyebutkan dukungannya bagi Robby Darwis untuk menggantikan Drago Mamic. Pertimbanganya menurut dia Robby sudah cukup lama mendampingi tim serta memiliki pengalaman yang mumpuni sebagai pilar Timnas PSSI dan juga sebagai assiten pelatih.

"Dia punya pengalaman di Timnas dan sudah cukup lama ikut menangani tim, sehingga tidak butuh lagi adaptasi dengan tim. Seluruh program sudah diikutinya sehinga tinggal meneruskannya tanpa perlu penyesuaian lagi," kata Maman Abdurahman.

Pada kesempatan itu, Maman dan para pemain lainnya mengaku sepakat untuk mendukung dan berjuang bersama Robby untuk bangkit pada putaran kedua ini. "Selama ini kami sudah bekerjasama dan akan terus berjuang dengan Kang Robby. Ia sudah dekat dengan pemain," kata Maman.

Di sisi lain, Persib justeru tengah mempersiapkan pilihan untuk pelatih pada musim kompetisi tahun depan. Manajer Persib Umuh Muhtar membenarkan rencana itu.

"Persib membidik pelatih untuk disiapkan musim depan, salah satunya Rene Albert. Ada dua pelatih lainnya yang masuk bidikan, kebetulkan agennya sama," kata Umuh Muhtar menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement