Jumat 20 Apr 2012 16:25 WIB

Gol Ronaldinho Terbaik Sepanjang Masa

Ronaldinho
Foto: ap
Ronaldinho

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Masih ingat wasit Pierluigi Collina? Wasit legendaris asal Italia yang disebut-sebut sebagai wasit terbaik sepanjang masa itu kembali tampil di depan media. Pascagantung peluit alias pensiun pada 2005 lalu, ia kini berbicara tentang gol-gol indah di laga yang ia pimpin.

Ketika ditanya gol siapa yang terbaik, wasit berkepala plontos itu tanpa ragu menyebut gol Ronaldinho ke gawang Chelsea pada musim 2004-2005 sebagai jawabannya. Dalam laga yang digelar di Stamford Bridge, the Blues memang sukses menggulung Barcelona 4-2. Tapi, dalam laga itu gol Ronaldinho menyedot perhatian publik sepakbola dunia.

Bagaimana tidak, dari luar kotak penalti Ronaldinho menggoyang-goyangkan kaki kanannya di depan bek Chelsea, Ricardo Carvalho sebelum melepaskan sepakan indah yang menghujam jala Chelsea. Playmaker asal Brazil itu menempatkan bola ke sudut kanan gawang Petr Cech yang tak hanya bisa melongo melihat bola merobek jalanya.

"Gol yang paling membuat saya terkesan adalah gol Ronaldinho di Stamford Bridge," ungkap Collina saat berbincang dengan Uefa.com. "Gol itu adalah hasil tembakan jarak jauh yang tidak disangka siapapun, semua orang terkejut."

Wasit yang dikenal tak mengenal kompromi itu memutuskan pensiun menyusul perseteruannya dengan persatuan sepakbola Italia (FIGC). Otoritas sepakbola Italia itu mempermasalahkan Collina yang menjadi bintang iklan sebuah merk mobil.

Meski Collina sudah memimpin banyak laga penting di dunia, ternyata dirinya masih memiliki obsesi memimpin laga di Stadion Bombenera, markas klub Argentina, Boca Junior. "Saya sangat beruntung bisa memimpin laga di banyak stadion hebat. Namun saya belum pernah memimpin pertandingan di Bombenera. Saya sering melihat pertandingan Boca Junior dan atmosfer di stadion mereka itu sangat menegangkan. Saya sangat ingin memimpin pertandingan di stadion itu," pungkasnya.

sumber : UEFA.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement