Selasa 24 Apr 2012 07:00 WIB

Partai Hidup-Mati Barcelona

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Yudha Manggala P Putra
Barcelona Versus Chelsea
Barcelona Versus Chelsea

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Sepekan terakhir keperkasaan Barcelona seakan runtuh hanya dalam dua pertandingan. Setelah kalah di leg pertama babak semifinal Liga Champions melawan Chelsea, Barca kembali takluk dari rival abadinya, Real Madrid di La Liga.

Bahkan kekalahan terakhir lebih menyakitkan karena Barca takluk di depan ribuan pendukung sendiri di Camp Nou. Melihat situasi ini, gelandang Real Madrid, Xabi Alonso, beranggapan Barca tengah rentan. 

“Belakangan ini, Barca sangat sukses dan bermain luar biasa. Tapi mereka bukan tidak bisa untuk dikalahkan,” ujarnya, akhir pekan lalu, seperti dilansir Mirror Football.

El Real memang membuktikan Barca bisa takluk di kandangnya sendiri. Hal ini bukan mustahil bisa dilakukan Chelsea untuk menyingkirkan Barca di laga kedua babak semifinal Liga Champions di Camp Nou, Rabu (25/4). “Chelsea tengah unggul, mereka memimpin dalam skor,” kata Xabi.

Kejutan Chelsea memang bisa terulang di laga kedua. Gol tunggal Didier Drogba di Stamford Bridge menjadi modal penting melawat ke kandang Barca.

Seperti dilansir the Sun, gelandang Chelsea, Ramires, optimis skuatnya bisa mempertahankan keunggulan. “Ini laga untuk para petarung, kami bisa menyingkirkan Barca,” kata gelandang asal Brazil itu.

Kepercayaan diri tengah menyelimuti skuat the Blues. Karena di enam laga beruntun, Chelsea tidak pernah takluk dari Barcelona. Bahkan ketika laga terjadi di Camp Nou. Di tiga lawatan terakhirnya, The Blues memang tak bisa meraih kemenangan dan hanya meraih hasil imbang. Namun hasil imbang dalam laga leg kedua nanti sudah cukup bagi Chelsea untuk menyingkirkan Barca.

Dengan kondisi saat ini, laga kedua melawan Chelsea akan menjadi partai hidup mati Barcelona. Guardiola pun melihat hasil di babak semifinal bisa menjadi penilai keberhasilan skuatnya di akhir musim. Namun situasi sulit tidak membuyarkan kepercayaan Guardiola pada Lionel Messi dan kawan-kawan. “Para pemain tidak membutuhkan waktu lama untuk bangkit,” ujarnya.

Guardiola kini tengah berusaha menurunkan pola terbaik di laga nanti, khususnya dalam pola penyerangnya timnya. Karena di dua laga terakhir, La Blaugrana seperti kesulitan untuk mencetak gol ke gawang lawan.  

Top skorer klub, Lionel Messi, pun tak berdaya memecah kebuntuannya menjebol gawang lawan. Tapi Guardiola mengatakan, di laga kedua nanti Barca akan bangkit. “Kami tidak boleh gagal,” kata pelatih asal Spanyol itu.

Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, pun percaya diri timnya mampu lolos dari babak semifinal. Menurutnya, La Blaugrana boleh gagal merebut gelar La Liga. Namun kesempatan untuk melangkah ke babak final Liga Champions belum sepenuhnya tertutup. 

Kekalahan di dua laga terakhir tidak membuat semangat Barca meredup. “Kami selalu berusaha untuk menang-tapi karakter tim selama ini juga tahu bagaimana menghadapi suatu kekalahan,” ujarnya.

Lima Pertemuan Terakhir:

18-04-2012      Liga Champions          Chelsea 1-0 Barcelona

06-05-2009      Liga Champions          Chelsea 1-1 Barcelona

28-04-2009      Liga Champions          Barcelona 0-0 Chelsea

31-10-2006      Liga Champions          Barcelona 2-2 Chelsea

18-10-2006      Liga Champions          Chelsea 1-0 Barcelona

Perkiraan Pemain:

Barcelona: Valdes; Alves, Pique, Mascherano, Puyol; Xavi, Busquets, Iniesta; Sanchez, Messi, Fabregas

Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Cole; Obi Mikel, Meireles Ramires, Mata, Lampard; Drogba

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement