Sabtu 28 Apr 2012 15:14 WIB

Ratusan Pesepakbola Indonesia Berebut Tiket ke Barcelona

Stadion Camp Nou, markas Barcelona.
Stadion Camp Nou, markas Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekitar 700 peserta pesepakbola muda dari sejumlah daerah di Jawa Timur mengikuti ajang pencarian bakat 'The Chance' untuk memperebutkan tiket ke Camp Nou, markas raksasa La Liga Spanyol, Barcelona. Selain itu, para pemenang 'The Chance' juga bakal bertemu pelatih El Barca, Josep Pep Guardiola.

Country Marketing Manager Nike Indonesia, Nino Priambodo selaku penyelenggara mengatakan, ajang pencarian bakat pesepak bola bertalenta ini adalah yang kedua setelah pertama kali digelar pada 2010. "Dua tahun lalu kami hanya menggelar di Jakarta dan Surabaya, sedangkan untuk 2012 ini ditambah satu kota yakni Medan," katanya kepada wartawan di sela-sela seleksi pemain di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Sabtu (28/4).

Setelah Surabaya, penjaringan pemain dilanjutkan di Medan (5-6 Mei) dan terakhir Jakarta (12-13 Mei). Pada gelaran pertama, kata Nino, ajang ini diikuti hampir dua ribu pesepak bola usia 16-23 tahun dari berbagai daerah dan menjaring satu pemain, yakni Guntur Triaji (SMA Ragunan) untuk berlatih di markas Arsenal (Inggris) dan ditangani pelatihnya Arsene Wenger.

Untuk seleksi di tiga kota tahun ini, Nike Indonesia selaku penyelenggara akan menjaring sebanyak 30 pemain yang akan diseleksi lagi di Jakarta pada 24-25 Mei. Nantinya bakal disaring menjadi lima pemain.

"Kelima pemain wakil Indonesia itu selanjutnya masuk babak final tingkat Asia Tenggara dan bersaing dengan peserta dari Malaysia, Singpura dan Thailand, untuk memperebutkan empat tiket ke Barcelona," ujar Nino.

Ia berharap wakil Indonesia bisa mendapatkan tiket lebih dari satu orang, karena babak final Asia Tenggara akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 10-13 Juni 2012.

Pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro selaku pimpinan panelis pelatih 'The Chance' mengatakan, ada banyak peserta yang memiliki kualitas dan talenta bagus dalam bermain bola, sehingga pelatih harus jeli dalam memilih. "Setiap pemain punya kesempatan sama untuk menampilkan kemampuan dan bakatnya selama dua hari seleksi. Kami pastikan mereka yang terpilih adalah pemain terbaik," katanya.

Peserta yang mendaftar diuji dalam laga dengan sistem tujuh lawan tujuh selama 2x10 menit. Mereka yang lolos tahap ini, akan menjalani uji kemampuan lanjutan berupa kontrol bola, kecepatan, sentuhan, dan akurasi tendangan. Sedangkan pada tahap ketiga, peserta terpilih akan melewati serangkaian uji fisik 'SPARQ test', uji kemampuan dan pertandingan tujuh lawan tujuh dengan sistem teknologi pelatihan terkini dari Nike.

"Sistem yang diterapkan merupakan kombinasi dari pengalaman bertahun-tahun para pelatih dan mentor dengan SPARQ test milik Nike," ucap Widodo.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement