Sabtu 28 Apr 2012 19:19 WIB

Beban Berat Pasukan Katalan

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Chairul Akhmad
Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Cesc Fabregas (kanan) usai dikalahkan chelsea dalam babak semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (24/4).
Foto: AP
Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Cesc Fabregas (kanan) usai dikalahkan chelsea dalam babak semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Barcelona memikul beban lebih berat menjalani empat sisa pertandingan di ajang La Liga. Tim Katalan yang baru saja tersingkir dari Liga Champions dan tertinggal tujuh poin dari Real Madrid ini, kembali menelan pil pahit. Mereka harus menerima kenyataan akan ditinggalkan pelatih Joseph Guardiola pada musim depan.

Pada Senin (30/4), Barca terpaksa memikul beban itu dalam lawatannya ke markas Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga. Poin penuh wajib mereka raih guna memperkecil selisih dari sang pemuncak klasemen, Madrid.

Pep Guardiola yang akan berhenti menukangi Barca pada 30 Juni, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan memberi kado indah kepada publik Katalan sebagai perpisahan. Sapu bersih menjadi hal yang patut diraih anak-anak asuhnya.

Meski sadar akan ditinggalkan pelatih, para punggawa Barca tak kehilangan optimisme dan spirit melakoni pertandingan. Seperti yang diungkapkan Andres Iniesta, ia mengaku akan berjuang optimal pada seluruh laga sisa.

"Kami adalah Barcelona. Kami tahu apa yang kami wakili. Untuk itu, kami akan tampil maksimal memenangkan seluruh pertandingan tersisa," kata Iniesta di situs resmi klub.

Keyakinan itu terbilang realistis. Sebab, pada pertemuan kedua tim musim ini, Barca sukses membungkam Rayo Vallecano 4-0. Terlebih dari itu, Laga kandang tuan rumah juga tercatat sangat buruk. Vallecanos—julukan Rayo Vallecano—telah mengalami kekalahan sembilan kali di kandang dan merupakan yang terbanyak dibandingkan semua tim La Liga.

Performa Vallecanos belakangan ini juga cenderung buruk. Terbukti, mereka hanya menang satu kali dari tujuh laga terakhirnya. Sangat pantas, jika Barcelona memiliki kans besar memenangkan partai ini. 

Tak hanya itu, Vallecanos juga menempatkan diri di urutan kedua setelah Sporting Gijon sebagai salah satu tim yang paling banyak kebobolan. Statistik mencatat, 60 bola telah bersarang di gawang skuat besutan Jose Ramon Sandoval ini.

Walaupun fakta berkata demikian, bukan berarti tuan rumah bakal menyerah dengan mudah di hadapan para pendukungnya. Vallecanos akan memanfaatkan hasil buruk yang diraih Barca belakangan ini.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 9 8 0 1 28 19 24
2 Real Madrid Real Madrid 9 6 3 0 19 13 21
3 Atletico Madrid Atletico Madrid 9 4 5 0 13 8 17
4 Villarreal Villarreal 9 5 2 2 17 0 17
5 Osasuna Osasuna 9 4 3 2 13 -1 15
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement