Ahad 29 Apr 2012 06:24 WIB

Batas Kesabaran Bobotoh Persib

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Heri Ruslan
Persib Bandung
Foto: Antara/Fahrul
Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Tiga kekalahan beruntun yang dipetik Persib Bandung di putaran kedua, membuat Bobotoh kecewa. Ultimatum pun diberikan oleh pendukung fanatic Persib itu pada seluruh awak tim. “Menang atau tanggalkan baju kebesaran Maung Bandung,” begitulah penryataan sikap Bobotoh jelang laga kontra Persipura, Ahad (29/4).

Para Bobotoh meminta Zulkifli Syukur cs untuk bermain habis-habisan demi kemenangan kedua di puataran kedua. “Kami menyadari kekecewaan pendukung. Kami sendiri juga kecewa dengan hasil belakang, Tapi kami bertekad untuk bangkit,” kata kiper Persib Cecep Supriatna seperti dilansir situs resmi Persib.

Batas kesabaran pendukung Persib tidak terlepas performa melempemnya skuat asuhan Robby Darwis di putaran kedua LSI. Persib bahkan seperti kehilangan motivasi saat ditaklukkan Persiba Balikpapan di menit terakhir pertandingan.

Karenanya, batas akhir telah ditetapkan Bobotoh yakni laga lawan persipura Jayapura yang akan berlangsung di kandang sendiri. Jika kembali bermain buruk, mereka meminta seluruh elemen tim beranggung jawab.

Ultimatum dari para pendukung menjadi PR utama bagi pelatih Persib Robby Darwis. Mau tidak mau, kemenangan harus dipetik demi mencegah meluasnya kekecewaan pendukung.

Kendati akan menghadapi sang juara bertahan, para pemain Persib pun meyatakan siap bermain habis-habisan. “Kita harus berusaha maksimal, mengeluarkan segenap kemampuan kita untuk bisa menjalani situasi yang ada saat ini,” kata penyerang Persib Aliyudin.

Di laga ini, Robby  akan kembali menurunkan Nooh "Along" Alam Shah di lini depan Maung Bandung. Saat ditaklukkan Arema pekan lalu, nama penyerang asal Singapura itu diparkir Robby. Kini pemain yang akrab dipanggil Along itu dihadapkan pada pembuktian statusnya sebagai salah satu pemain "mahal" Maung Bandung.

Selain Along, Persib juga akan mengandalkan kecepatan Muhammad Ilham dan Atep dikedua sisi sayap. Sedangkan ketangguhan Maman Abdurrahman menjadi asa publik Siliwangi untuk melumpuhkan kecepatan lini depan Persipura.

Ujian bagi Persib sendiri makin berat bila merujuk catatan rekor pertemuan mereka dengan persipura. Dari lima pertemuan terakhirnya, tidak sekalipun Persib memetik kemenangan. Sebaliknya, Persipura tiga kali sukses meraih kemenangan yang salah satunya terjadi di putaran pertama lewat kemenangan telak 4-0.

Persipura sendiri tengah diliputi persoalan intern tim jelang laga ke Bandung. Adalah kisruh soal status Titus Bonai di tim yang hingga kini belum menemui kejelasan. Kabar menyebut, Tibo—begitu sapaan akrabnya—sengaja mangkir memperkuat tim.

Walau diliputi gonjang ganjing seiputar Tibo, Persipura tetap mampu memelihara grafik penampilannya yang mampu menyapu bersih kemenangan di putaran kedua Liga Super Indonesia. Persipura pun tidak terkalahkan di lima laga terakhirnya.

Kemenangan atas Persib jadi bidikan pelatih Jackson F Thiago untuk mengejar Sriwijaya FC di puncak klasemen. “Melawan persib tidak akan mudah terutama bermain di kandang mereka. Tapi kami memohon doa dari seluruh pendukung agar tim ini mampu meraih hasil maksimal di sana,” ujar Jackson kepada wartawan, sabtu (28/4).

Untuk memaksimalkan tiga angka di Bandung, Persipura akan menurunkan trio Zah rahan, Boaz Solossa, dan Alberto Goncalves sejak menit pertama. Saat ini Persipura bertengger di peringkat dua klasemen sementara dan hanya kalah selisih gol dari Sriwijaya FC di puncak.

Kemenangan akan membuat tim Mutiara Hitam memuncaki klasemen sementara LSI. Sebaliknya, tiga kekalahan beruntun yang dipetik Persib di dua pekan terakhir membuat Maung Bandung terperosok ke peringkat Sembilan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement