Senin 30 Apr 2012 18:38 WIB

Jilbab tak Halangi Muslimah dalam Olimpiade

Rep: Agung Sasongko/ Red: Heri Ruslan
Atlet Muslimah (ilustrasi).
Foto: muslimvillage.com
Atlet Muslimah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  AMMAN —- Wakil Presiden FIFA, Pangeran Ali Ben al-Hussein mendukung keikutsertaan atlet Muslimah dalam setiap cabang olahraga Olimpiade 2012, terutama sepak bola.

“Saya selalu mendukung atlet Muslimah. Saya pun bahagia, saudara saya Putri Haya, ikut berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sydney,” kata dia seperti dikutip onislam.net, Senin (30/4).

Namun, Ali mengharapkan keselamatan menjadi perhatian para atlet Muslimah. Sebab, banyak pihak yang menduga jilbab menyebabkan cedera atlet. “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua muslimah berjilbab ambil bagian dalam Olimpiade, utama sepak bola. Tapi keselamatan tetap harus diperhatikan,” kata dia.

Pangeran Ali, boleh dibilang merupakan pihak yang paling getol memperjuangkan keikutsertaan muslimah berjilbab dalam olahraga khususnya sepakbola. Menurutnya, sepakbola merupakan olahraga milik setiap orang. Jangan sampai, karena masalah agama, orang menjauhi sepakbola.

Usaha Ali tidak sia-sia, seperti diberitakan, bulan lalu, International Football Association Board (IFAB) memungkinkan pesepakbola Muslimah untuk mengenakan jilbab. Namun, IFAB meminta ada perhatian terkait standar keselamatan pemain yang mengenakan jilbab saat berada dilapangan.

“Yang pasti, kami sudah menyiapkan desain khusus untuk seragam bagi muslimah berjilbab. Sekarang putusan berada di tangan komite media, apakah menyetujui desain itu atau tidak,” kata Ali.

Pada bulan April 2010, FIFA mengumumkan berencana untuk melarang jilbab dan pernak-pernik berbau agama selama Olimpiade London 2012.Tahun lalu, tim sepakbola perempuan Iran dihukum FIFA lantaran menolak untuk melepas jilbab dalam pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement