Selasa 08 May 2012 16:15 WIB

Target Timnas: Tembus Final Piala AFF 2012

Rep: abdullah sammy/ Red: M Irwan Ariefyanto
Latihan Timnas PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Foto: Puspa Perwitasari/Antara
Latihan Timnas PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—PSSI menargetkan tim nasional (timnas) Indonesia mampu menembus final Piala AFF 2012 yang akan berlangsung di Malaysia dan Thailand, November 2012 mendatang. Target ini menjadi proyeksi utama PSSI sepanjang 2012. Demi mematangkan tim je lang kejuaraan Asia Tenggara itu, para pemain timnas telah melakukan persiapan jangka panjang.

Penanggung jawab timnas, Bern hard Limbong, mengungkapkan target finalis piala AFF merupakan upaya untuk mendongkrak peringkat sepak bola yang kini terpuruk di posisi 151. “Kalau di kejuaraan kemarin kita berhasil final, setidaknya tahun ini harus sama. Final harus diraih,” ujar Limbong.

Timnas kini dihuni oleh sejumlah muka baru. Limbong berharap publik memberi kepercayaan dan suntikan motivasi. Menurut dia, dengan pemusatan latihan jangka panjang, para pemain muda timnas akan semakin matang untuk menghadapi perlawanan Thailand, Malaysia, dan tim Asia Tenggara lain.

Senada dengan Limbong, Bob Hippy yang membidangi Komite Timnas, menilai timnas Indonesia butuh waktu untuk berprestasi. Menurut dia, target final di Piala AFF merupakan sebuah misi sulit. Namun, melihat materi tim yang dihuni sejumlah pemain muda berbakat, Bob yakin timnas bisa berbicara banyak di Malaysia dan Thailand. “Timnas dihuni oleh banyak pemain muda. Kami yakin dengan makin banyaknya jam terbang, mereka akan berkembang jadi kekuatan-kekuatan baru di sepakbola Indonesia,” kata Bob.

Sejumlah nama pemain muda disebut Bob sebagai calon bintang baru Garuda di masa mendatang. Mereka adalah Hendra Bayaw dan Yosua Pahabol. “Mereka ini memiliki kemampuan yang baik. Tapi, kami masih terus mamantau apakah mereka akan langsung turun di senior apakah ke U-22 dulu,” ujar Bob.

Bob mengakui dengan stok yang ada, timnas memerlukan usa ha ekstra keras untuk bisa bersaing dengan negara lain. Dia yakin usaha itu akan lebih mudah apabila pemain asal Liga Super Indonesia (LSI) diizinkan oleh klubnya bermain untuk timnas. Sebagai bagian dari pemanasan piala AFF, PSSI telah mengagendakan serangkaian laga uji coba. Uji coba akan dilakukan me lawan Filipina, Singapura, dan Timor Leste. “Sedangkan Vietnam sudah mengajukan permohonan untuk uji coba dengan kita, tapi kami masih mempertimbangkan waktu dan tempat pelaksanaannya,” ujar Bob.

Di Piala AFF 2010 lalu yang ber langsung di Jakarta, timnas Indonesia yang ditangani Alfred Riedl mampu keluar sebagai runner- up. Saat itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia 4- 2 secara agregat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement