Rabu 09 May 2012 22:09 WIB

Juve Ingin Boyong RVP, Suarez dan Higuain

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Robin Van Persie
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Robin Van Persie

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Dua penghargaan individu yang diraih Robin van Persie musim ini, menasbihkan diri striker sekaligus kapten Arsenal sebagai bomber kelas wahid dunia. Tak heran bila banyak klub yang ingin menggunakan jasa Van Persie. Satu di antaranya juara Liga Italia Serie-A musim ini, Juventus.

Ya, raihan gelar Pemain Terbaik Inggris musim 2011/2012 pilihan Asosiasi Penulis Sepak bola (FWA) dan Pemain Terbaik Inggris musim 2011/2012 pilihan Asosiasi Pemain Profesional (PFA), membuat Juventus semakin yakin ingin memboyong penyerang berkebangsaan Belanda tersebut. Apalagi Arsenal tak kunjung meraih prestasi plus terancam tak ikut berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Alasan itu cukup untuk Van Persie menolak perpanjangan kontraknya dengan Arsenal yang kadaluarsa pada musim panas 2013 dan menerima pinangan klub lain.

Ketajaman pemain berjuluk the Flying Dutchman ini tak perlu diragukan lagi. Koleksi 30 gol di Liga Primer Inggris menjadi bukti nyata ketajaman RVP. Kualitas permainan RVP yang masih merajai daftar top skorer Liga Primer mengundang pujian Direktur Umum Juventus, Giuseppe Marotta.

"Dia berada di jajaran pemain yang memiliki kualitas komplit," ujarnya seperti dilansir Sky Sport, Rabu (9/5).

Marotta memang tertarik dengan performa Van Persie. Namun ia belum menyatakan keinginan untuk memboyong penggawa tim nasional Belanda itu ke Turin. Masalahnya, kata dia, penyerang berusia 28 tahun itu masih mempunyai sisa kontrak setahun bersama Arsenal. Sementara the Gunners pun berusaha mempertahankan amunisi terbaiknya ini. "Jadi saya hanya bisa mengutarakan pendapat akan kualitasnya," kata Marotta.

Jelang bursa transfer mendatang, Juve sudah siap untuk menambah kekuatan dalam skuatnya. Tetapi sejauh ini Marotta enggan menyebutkan target buruan 'si Nyonya Tua'. Namun kabar yang berkembang, selain Van Persie, I Bianconeri juga dikaitkan dengan penyerang Liverpool, Luis Suarez dan Gonzalo Higuain, bomber milik Real Madrid. "Van Persie, Suarez atau Higuain? Mereka pemain yang sangat penting," kata pria asal Italia ini.

Menurut Marotta, ketiga pemain itu bisa saja bermain dalam satu tim. Namun, itu hanya dalam permainan fantasi karena pada kenyataannya di lapangan akan berbeda. Kendati demikian, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan salah satu nama akan masuk radar skuat Juve di pasar transfer pertengahan tahun ini.

"Jika salah satunya akan datang (ke Juve), itu bukan karena mereka kalah kualitas, tetapi ada faktor lainnya yang harus dipertimbangkan. Seperti kemampuan finansial," ujarnya.

Van Persie saat ini masih belum memutuskan untuk memperpanjang kontraknya bersama Arsenal. Tapi pelatih Arsenal, Arsene Wenger yakin mantan juru gedor Feyenoord itu bakal bertahand di Emirates Stadium.

Sementara Suarez baru saja berlabuh dan masih mempunyai sisa kontrak panjang dengan Liverpool. Ganjalan bagi Juve juga akan terjadi jika berniat memboyong Higuain. Karena Jose Mourinho menyatakan tidak ingin melepas penyerang asal Argentina itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement