Selasa 15 May 2012 05:12 WIB

Inilah Rekor Pep Bersama Barcelona

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Endah Hapsari
Pep Guardiola
Foto: Manu Fernandez/AP
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Musim ini berbagai media menggembar-gemborkan prestasi pelatih Real Madrid Jose Mourinho yang sukses mencetak rekor di La Liga Spanyol. Capaian the Only One —julukan baru Mourinho— memang merupakan fakta dan prestasi yang sulit ditandingi pelatih manapun. 

Meski begitu, Mourinho tak sendiri. Pelatih Barcelona Pep Guardiola selama menukangi klub Catalan itu juga banyak mengukir rekor luar biasa.

Pep yang menyisakan satu laga bersama Barcelona melawan Athletic Bilbao dalam final Copa del Rey pada akhir pekan ini juga layak dikupas prestasinya. Pep yang membesut Blaugrana selama empat tahun mencetak rekor hanya 11 kali kalah di La Liga dari 152 pertandingan. Sisanya sebanyak 116 kali meraih kemenangan dan sisanya berakhir imbang. “Tim mencetak 412 gol dan hanya kebobolan 109 gol,” kata berita dalam laman resmi klub.

Tim yang ditangani Pep telah mengumpulkan total 373 poin liga selama periode 2008/2009 hingga 2011/2012. Rata-rata mereka mengukir 93,25 poin per musim. Pada musim 2009/2010, bisa dikatakan sebagai prestasi puncak El Barca setelah menyelesaikan La liga dengan torehan 99 poin. Sebagai perbandingan, pada musim ini Lionel Messi dkk ‘hanya’ mencetak 91 poin.

Mereka hanya tertinggal sembilan angka dari sang juara, Real Madrid, yang musim ini mencetak 121 gol. “Mereka telah mencetak 412 gol atau rata-rata 2,71 gol per pertandingan dan hanya kebobolan 109 gol atau 0,71 gol per pertandingan.”

Kemenangan terbesar Barcelona diciptakan saat mereka membantai Almeria dengan skor 8-0 di kandang lawan. Kemenangan yang sama juga diulangi mereka saat menghancurkan Osasuna di Nou Camp. Sedangkan kekalahan 0-2 dari Hercules di kandang sendiri sebagai satu-satunya kekalahan di La Liga dengan deficit dua gol atau lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement