Selasa 15 May 2012 21:14 WIB

Menang Tipis, Persela Rebut Peringkat Tiga

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Hazliansyah
Skuat Persela Lamongan (ilustrasi).
Foto: agent234.com
Skuat Persela Lamongan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- Persela Lamongan berhasil menduduki peringkat tiga klasemen sementara. Menjamu Persisam Samarinda di Stadion Surajaya, Selasa (15/5), tuan rumah memetik poin penuh berkat kemenangan tipis 1-0 dalam lanjutan Liga Super Indonesia.

Kemenangan menambah perolehan poin Persela menjadi 42 poin. Atas hasil ini, Persija harus kembali tergeser dari posisi tiga dan menyerahkannya kepada Laskar Joko Tingkir-julukan Persela. Sebelumnya, Persija sukses menempati  posisi tiga setelah membungkam Persipura, 1-0. Kini, Persela unggul satu poin atas tim macan kemayoran.

Poin penuh yang diraih Persela juga menjadi prestasi tersendiri. Mereka masih tercatat sebagai salah satu tim terkuat dalam laga kandang selain sang pemuncak klasemen, Sriwijaya FC. Keduanya sama-sama belum pernah terkalahkan di stadion masing-masing. Sebelumnya, Persipura juga sempat menjadi tim terkuat di kandang. Namun rekor itu runtuh setelah ditumbangkan Persija 0-1.

Sementara bagi Persisam, kekalahan tidak mengubah posisi mereka di peringkat 13 dengan koleksi 26 poin. Terlebih dari itu, mereka harus tetap mengakui keunggulan Persela karena tidak mampu membalas kekalahan 0-1 pada putaran pertama.

Kemenangan Persela diperoleh berkat gol semata wayang Gustavo Lopez tak lama pertandingan dimulai. Persela yang berambisi merebut peringkat tiga, langsung tampil agresif sejak pluit pertama dibunyikan. Gempuran yang dihasilkan Persela membuat lini pertahanan tim tamu kerepotan.

Hingga akhirnya pada menit ke-6, sebuah kesalahan fatal dilakukan bek Persisam. Fajar Legian yang ceroboh melakukan kontrol bola, berhasil dimanfaatkan Lopez dengan mencuri si kulit bundar dan melepaskan tendangan hingga menjebol gawang yang dikawal Agung Prasetyo.

Setengah pertandingan babak pertama berjalan, Persela kembali menggemparkan tim tamu. Sayang, bola yang masuk ke gawang Persisam dianulir wasit karena Jimmy Suparno berada dalam posisi off-side. Skor bertahan 1-0 hingga turun minum untuk kemenangan Persela.

Babak kedua, Persisam memiliki beberapa peluang emas. Namun sayang, dewi fortuna masih berpihak kepada publik Lamongan. Pada menit ke-62, sundulan Yongki Ari Wibowo hampir saja merubah kedudukan. Begitu pula dengan sundulan Johan Yoga yang masih melebar dari mistar gawang.

Hingga pluit panjang dibunyikan, baik Persela maupun Persisam tidak mampu merubah papan skor yang dihasilkan pada babak pertama. Persisam harus pulang tanpa meraih hasil apapun.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement