Kamis 17 May 2012 09:52 WIB

Liverpool Ceraikan King Kenny

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hafidz Muftisany
Kenny Daglish
Foto: AP
Kenny Daglish

REPUBLIKA.CO.ID LIVERPOOL -- Liverpool merilis Kenny Daglish tidak lagi menjabat sebagai manajer sejak Rabu (16/5). Keputusan ini diambil setelah King Kenny bertemu dengan pemilik The Reds di Boston, Amerika Serikat.

“Setelah melalui pemeriksaan yang seksama dan musyawarah, klub membuat keputusan bahwa perubahan adalah hal yang sesuai,” bunyi statemen petinggi Liverpool. “Ini bukan keputusan yang dicapai dengan mudah atau buru-buru. Pencarian manajer baru akan dimulai segera."

King Kenny memulai bertugas dengan kontrak sementara setelah menggantikan Roy Hodgson pada Januari 2011, Empat bulan sesudahnya dia menandatangani kontrak permanen. Pada musim 2012, the Reds dibawanya meraih gelar Piala Carling setelah mengalahkan Cardiff melalui adu penalti. Gelar itu adalah yang ke-8 bagi Liverpool.

Dalglish juga mampu mengantar timnya mencapai final Piala FA, namun dalam laga puncak tersebut Liverpool dikalahkan Chelsea dengan skor 1-2. Sayangnya capaian Steven Gerard dkk di Liga Primer Inggris sangat jeblok. Liverpool hanya mampu finis di urutan kedelapan.

Untuk pertama kalinya sejak 2005, posisi mereka satu tingkat di bawah tim sekota, Everton. Liverpool musim depan harus tampil lebih awal lantaran tampil pada babak kualifikasi ketiga Liga Eropa. Akibat rendahnya posisi akhir klasemen membuat Liverpool tidak otomatis lolos ke babak utama Liga Eropa. Hasil itu dinilai petinggi dan fans the Reds sebagai hal memalukan.

Keputusan pemberhentian kontrak itu tidak disesali Dalglish. Ia mengatakan, “Ini sudah menjadi suatu kehormatan dan hak istimewa berkesempatan kembali ke Liverpool sebagai manajer.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement