Jumat 25 May 2012 14:02 WIB

Rahasia Sukses Fergie: Lemon, Roti dan Madu

Rep: Nur Farida/ Red: Hafidz Muftisany
Sir Alex Ferguson
Foto: Jon Super/AP
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER-- Bos legendaris Manchester United mengungkapkan keberhasilannya mengasuh klub Iblis merah dalam 25 tahun karirnya, dimulai dengan melakukan revolusi kantin. Kini semua pesepak bola yang masuk dalam skuad Iblis Merah akan merasakan revolusi kantin ala Sir Alex Ferguson.

Ferguson memainkan peran penting bagi United yang menjadi klub tersukses dalam sepak bola Inggris untuk mengangkat 37 tropi juara di bawah asuhannya.

Melihat perjalanannya melatih anak-anak Manchester merah, yang pertama kali dilakukan pelatih 70 tahun ini adalah mengubah pola makan skuat asuhannya pada 1986. Namun kini Fergie mengkalim tindakannya sebagai pemikiran yang lucu, namun berhasil membuat performa pemainnya di lapangan hijau meningkat.

“Saya memberikan pemain dua iris lemon, roti panggang, dan madu. Mungkin mereka bisa menjadi gila karena pola makan ini,” kata Fergie dilansir laman the Sun, Jumat (25/5).

Saat pelatih asal Skotlandia ini masih berstatus sebagai pemain, klubnya biasa memberikan pemain steak fillet dan steak pai. Makanan ini mempengaruhi performa pemain di lapangan. Sehingga ketika Fergie menjadi manajer dirinya berkesimpulan yang dimakan pemain sebelum pertandingan sama pentingnya dengan yang terjadi selama permainan.

Fergie menerapkan aksi diet bagi pesepak bola pertama kali di saat dirinya mengasuh klub Skotlandia Aberdeen dan melakukan hal yang sama kepada anak-anak asuhannya di klub Inggris, Manchester United.

Sukses merubah pola permaianan anak asuhannya melalui pola makan yang seimbang, kini pelatih abadi United ini sudah tidak perlu susah mengingatkan anak asuhannya soal diet seimbang.

"Berkat kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan ahli gizi olahraga yang klub miliki di Carrington, saya tidak perlu mengjhawatirkan mengenai pola makan pemain saat ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement