Senin 28 May 2012 10:00 WIB

Deportivo Naik Kasta ke La Liga

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Para pemain Deportivo La Coruna merayakan kesuksesan kembali ke La Liga.
Para pemain Deportivo La Coruna merayakan kesuksesan kembali ke La Liga.

REPUBLIKA.CO.ID, LA CORUNA -- Deportivo La Coruna kembali naik kasta ke kompetisi La Liga Spanyol musim depan, setelah sempat terlempar ke Segunda Division pada musim 2010/2011. Kepastian ini didapat setelah Deportivo berhasil menjadi mengunci gelar juara Segunda Division musim ini, usai menaklukkan Huesca 2-1 di Estadio Municipal de Riazor, Senin (28/5) dini hari WIB.

Ya, hanya butuh satu musim bagi Deportivo kembali berlaga di La Liga. Dengan satu laga tersisa di Segunda Division, raihan poin Deportivo tak lagi terkejar dua pesaing terdekatnya, Celta Vigo dan Real Valladolid. Klub berjuluk 'Super Depor' kini kokoh di puncak klasemen dengan mendulang 88 poin dari 41 pertandingan atau unggul empat angka atas Celta.

Dan tiket promosi yang dikantongi Deportivo ke La Liga musim depan, dipastikan bakal menambah daya tarik kompetisi kasta tertinggi di tanah matador tersebut. Pasalnya, Deportivo termasuk tim yang disegani di Spanyol dan Eropa. Bahkan pada musim 1999/2000 Deportivo berhasil keluar sebagai jawara La Liga.

Di sisi lain, hasil ini menjadi obat penawar luka setelah musim lalu, La Coruna harus menelan pil pahit turun kasta untuk kali pertama dalam 20 tahun terakhir. Pasalnya, musim lalu di pentas La Liga, La Coruna hanya menabung 43 poin dan menempati posisi ke-18 atau zona merah.

Segunda Division memberikan tiket promosi otomatis kepada dua peringkat teratas di klasemen akhir musim. Adapun satu tiket promosi lainnya diperebutkan melalui play-off yang diikuti peringkat ketiga hingga keenam.

Satu tiket promosi bakal diperebutkan Celta dan Valladolid yang menempati peringkat kedua dan ketiga di papan klasemen. Celta masih harus berjuang keras agar bisa merebut tiket promosi. Dan kemenangan di jornada terakhir menjadi harga mati bagi Celta jika ingin mengamankan tiket otomatis. Jika kalah, Celta terancam harus lewat babak play-off.

Sebab, Valladolid yang menguntit di posisi ketiga hanya terpaut dua angka dan berpeluang menyalip di pekan ke-42. Adapun peringkat keempat hingga keenam yang menjadi kandidat peserta play-off dihuni Alcorcon, Cordoba, dan Hercules.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement