Senin 28 May 2012 17:16 WIB

Pelatih Minta Pemain ISL Tampil Lawan Filipina

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Hafidz Muftisany
Latihan Timnas Indonesia
Foto: Antara
Latihan Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jajaran pelatih timnas Indonesia berharap para pemain asal Liga Super Indonesia (LSI) bisa tampil dalam laga uji coba timnas melawan Filipina, 6 Juni 2012. Asisten pelatih timnas, Fabio Olivera mengungkapkan, uji coba melawan Filipina sangat penting untuk menguji kesiapan skuat Garuda jelang tampil di Piala AFF 2012. Karena itu para pemain LSI diharap ikut serta demi kamatangan tim.

"Sebenarnya materi yang kita (timnas Indonesia) miliki telah cukup. Namun yang jadi masalah hanya masa adaptasi seluruh pemain dalam tim," ujar Olivera saat dijumpai wartawan, Senin (28/5).

Demi kekompakan itu, dia berharap para pemain LSI diizinkan pihak klub agar bergabung ke timnas. Olivera mengaku memaklumi kegalauan para pemain LSI yang terjebak dalam kepentingan klub dan timnas. Dia pun memberi toleransi bila sejumlah pemain LSI tidak bergabung saat timnas turun di turnamen An Nakbah.

"Pemain pastinya dalam posisi yang serba salah. Karena itu kami sangat memahami jika ada beberapa pemain yang masih belum bergabung," ujar asisten pelatih berkewarganegaraan Brasil tersebut.

Olivera mengungkapkan, akan ada 20 pemain yang akan diboyong timnas ke Manila. Para pemain itu terdiri dari jebolan skuat yang bermain di An Nakbah dan laga uji coba kontra Inter. "Komposisinya 60 persen pemain An Nakbah dan 40 persen pemain yang tampil lawan Inter. Di luar itu juga masih terbuka tempat bagi pemain LSI,"

Jajaran pelatih juga masih menunggu pemain yang merumput di Liga Eropa seperti Samsir Alam, Stafano Lilipaly, dan Arthur Irawan. Olivera berharap para pemain itu bisa bergabung ke pemusatan latihan di Jakarta pada 30 Mei esok. "Seluruh surat ke pemain telah dikirim PSSI. Total ada 45 surat yang dikirim. Kami harap semua bisa bergabung,"

Timnas rencananya akan melakukan pemusatan latihan pada 30 dan 31 Mei 2012 sebelum berangkat ke Manila untuk melakukan laga uji coba resmi melawan timnas Filipina, 6 Juni 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement