Ahad 03 Jun 2012 22:41 WIB

Dirk Kuyt Resmi Gabung Fenerbahce

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Dirk Kuyt
Foto: AP/Sang Tan
Dirk Kuyt

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Penyerang Liverpool, Dirk Kuyt, akhirnya mengakhiri spekulasi masa depannya bersama klub Liga Primer Inggris, Liverpool. Punggawa tim nasional Belanda itu memutuskan untuk menanggalkan kostum the Reds dan bergabung ke klub Liga Turki, Fenerbahce.

Rumor Kuyt angkat kaki dari Enfield Stadium sudah lama bergulir, terutama setelah penyerang 31 tahun itu sempat mengaku kecewa di sepanjang musim 2011/2012. Saat Kenny Dalglish menjabat sebagai pelatih, Kuyt memang lebih sering terlihat mengisi bangku cadangan atau bermain sebagai pemain pengganti. Situasi ini makin menguatkan keinginan Kuyt untuk hengkang.

Akhirnya jelang perhelatan Piala Eropa 2012, Kuyt sudah membuat keputusan. Striker berambut pirang itu memilih untuk menerima pinangan Fernebahce. "Pemain tim nasional Belanda, Dirk Kuyt menandatangani kontrak selama tiga tahun," begitu bunyi keterangan dalam laman resmi Fenerbahce, Ahad (3/6).

Liverpool juga angkat bicara terkait hengkangnya Kuyt. Juara Piala Carling 2012 itu sepertinya legowo melepas Kuyt yang memang tak masuk dalam skema taktik pelatih anyar Liverpool, Brendan Rodgers. Alhasil, manajemen the Reds pun memuluskan jalan mantan pemain Feyenord itu berpetualang ke Turki.

"Klub Liverpool berharap Dirk (Kuyt) meraih yang terbaik di masa yang akan datang dan berterimakasih atas kontribusinya selama ini untuk klub," tulis laman resmi Liverpool.

Selama enam musim membela Liverpool, sejak 2006, Kuyt sudah turun dalam 276 laga di berbagai kompetisi dan menyumbangkan 71 gol. Musim 2011/12, mantan pemain FC Utrecht ini berhasil mencetak gol penting di laga final Piala Carling melawan Cardiff City. Ia kemudian membantu the Reds merebut gelar juara setelah sukses menjalankan tugasnya saat laga harus berakhir melalui adu penalti. Gelar Piala Liga menjadi trofi pertama bagi Kuyt sepanjang kariernya bersama 'Si Merah'.

Kabar itu pun resmi merontokkan spekulasi Kuyt bakal pulang kampung ke Feyenoord, atau pun menerima pinangan klub Bundesliga Jerman, Hamburg SV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement