Rabu 06 Jun 2012 16:23 WIB

Rangking FIFA: Spanyol Pertama, Indonesia 151

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hafidz Muftisany
Timnas Spanyol
Foto: Reuters/Carmelo Rubio/RFEF/Handout
Timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 Spanyol masih kokoh di posisi pertama ranking dunia FIFA edisi Juni 2012. Kejutan justru hadir dari Juara Copa America 2011, Uruguay.  

Luis Suarez dan kawan-kawan berhasil naik satu peringkat dari posisi sebelumnya di bulan Mei 2012.  Uruguay menggusur Jerman yang kini harus puas berada di peringkat ketiga.  

Selain Uruguay, beberapa tim papan atas dunia turut mengalami kenaikan peringkat antara lain Brazil (posisi kelima), Inggris (posisi keenam), Argentina (posisi ketujuh) dan Denmark (posisi kesembilan).

Keempat tim tersebut mengalami kenaikan sebanyak satu anak tangga kecuali Argentina yang naik dua tingkat dari peringkat sebelumnya.  

Penurunan drastis diderita Portugal yang kini harus puas berada di posisi ke 10.  Sebelumnya, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada di posisi kelima.  

Sedangkan, timnas Indonesia masih berada di posisi ke 151.  Catatan tersebut masih belum berubah dari peringkat FIFA edisi Mei 2011.  Hasil imbang kontra Filipina 2-2, Selasa (5/6) tak berpengaruh banyak terhadap posisi tim asuhan Nil Maizar tersebut.  

Penilaian terhadap ranking FIFA edisi Juni 2012 dilakukan dengan mengambil hasil dari 115 laga. Sebanyak 28 laga merupakan laga kualifikasi Piala Dunia 2014 sedangkan sisanya adalah laga persahabatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement