Sabtu 30 Jun 2012 14:11 WIB

Gullit Berhasrat Latih Belanda

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hazliansyah
Ruud Gullit
Foto: laureus.com
Ruud Gullit

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Legenda De Oranje Ruud Gullit menyatakan kesiapannya kalau ditunjuk sebagai pelatih timnas Belanda menggantikan Bert van Marwijk.

Gullit menyatakan, suatu kehormatan kalau sampai ditunjuk KNVB (PSSI-nya Belanda) untuk menukangi timnas. Ia bahkan berkelakar kalau para pejabat KNVB masih memiliki nomor telponnya dan ia bersedia menunggu dihubungi setiap saat.

“Tak ada yang konkret hingga saat ini. KNVB belum melakukan pendekatan kepada saya,” katanya dikutip Ad.nl, Sabtu (30/6).

Gullit sangat berhasrat bisa menjadi pelatih Belanda untuk bisa berkompetisi di Piala Dunia 2014 di Brasil. Ia berjanji bakal mendedikasikan kemampuannya untuk meracik Belanda hingga menjadi tim yang ditakuti lawan. “Ini sebuah kehormatan. Untuk bertindak sebagai pelatih yang mengantarkan Belanda tampil di Piala Dunia merupakan hal yang saya senang melakukannya.”

Gullit mengaku tersanjung karena disebut sebagai kandidat kuat untuk bisa menangani Wesley Sneijder dkk. “Saya tahu bahwa saya bisa. Saya pernah gagal sebagai seorang pelatih, tetapi terkadang kita lupa bahwa saya memenangkan banyak gelar, sebagai pemain dan pelatih,” kata mantan pemain yang merangkap pelatih Chelsea itu.

Kapten Belanda yang merebut gelar Piala Eropa 1988 itu harus bersaing dengan mantan rekanya untuk bisa menjadi pelatih Belanda. Pelatih Ajax Frank de Boer dan pelatih Feyenoord Ronald Koeman sempat disebut-sebut bakal bersaing dengannya, meski mereka enggan melepaskan kursi kepelatihan di klub masing-masing.

Beredar juga nama mantan pelatih Twente Co Adriaanse, Frank Rijkaard maupun Louis van Gaal, meski peluang mereka tipis.

Gullit berani sesumbar kalau diberi kepercayaan maka bakal mengembalikan kejayaan Belanda di Eropa maupun dunia.

sumber : Ad.nl
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement