Sabtu 30 Jun 2012 16:04 WIB

Gullit Incar Pelatih Timnas Belanda

Rep: Fenny Melisa/ Red: Taufik Rachman
Ruud Gullit
Foto: laureus.com
Ruud Gullit

REPUBLIKA.CO.ID,AMSTERDAM  --  Ruud Gullit mengungkapkan hasratnya untuk melatih Timnas Belanda. Pria berusia 49 tahun tersebut mengatakan dirinya layak menggantikan Bert Van Marwijk yang baru saja mengundurkan diri sebagai pelatih De Oranje.

"Saya tahu saya punya kualitas untuk menggantikan Van Marwijk sebagai pelatih tim nasional. Sebagai pelatih saya memang sering kalah, namun orang sering lupa bahwa saya juga banyak menang, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih," kata Gullit kepada Voetbal International.

Usai mundurnya Van Marwijk, Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) dikabarkan mengincar sejumlah nama untuk menangani De Oranje seperti pelatih Ajax Amsterdam, Frank de Boer; pelatih Feyenoord, Ronald Koeman; pelatih Arab Saudi, Frank Rijkaard; mantan pelatih Bayern Muenchen, Louis van Gaal; dan mantan pelatih Twente, Co Adriaanse..

Meskipun menyatakan dirinya mampu, Gullit menyangkal ada pembicaraan antara dirinya dengan KNVB. Pelatih yang pernah menangani Chelsea, Newcastle, Feyenoord, dan LA Galaxy tersebut  juga mengungkapkan banyak yang tidak setuju jika dirinya menangani timnas.

"Sampai saat ini belum ada yang konkret. KNVB sama sekali belum melakukan pendekatan terhadap saya. Namun jika hal itu terjadi, sebuah kehormatan bagi saya," kata Gulllit. "Pastinya terdapat banyak orang (di KNVB) yang memiliki pendapat yang berbeda," tambah mantan pemain yang membawa Belanda menjuarai Euro 1988 tersebut.

Hasrat Gullit menjadi pelatih Belanda mendapatkan dukungan dari Koeman, yang merupakan mantan rekannya saat masih menjadi pemain timnas di dekade 80-an dan awal 90-an. Menurut mantan pelatih Valencia tersebut Gullit adalah orang yang tepat untuk melatih Belanda.

"Dia akan menjadi calon yang paling tepat. Dia harus membentuk struktur dan staf kepelatihan sendiri untuk bertugas, tapi dia akan menjadi pilihan yang bagus," tutur pelatih berusia 49 tahun tersebut seperti dilansir Goal.

Koeman sendiri telah menyatakan akan menolak jika ditawari jabatan sebagai pelatih Timnas Belanda. Ia mengatakan akan memfokuskan diri menangani klub yang mengontraknya saat ini, Feyenoord.

"Terus terang, saya memang berambisi menangani tim nasional. Namun saya baru saja menyepakati kontrak baru dengan Feyenoord tanpa klausul pemutusan. Jadi saya akan menangani Feyenoord musim depan. Itu pasti," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement