Selasa 03 Jul 2012 13:56 WIB

Xavi: Mourinho tak Bakal Dicatat Sejarah

Xavi Hernandez
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Usai pulang dari medan perang di Piala Eropa 2012, perang urat saraf antara pemain Barcelona dan Real Madrid kembali terjadi. Kali ini datang dari playmaker Timnas Spanyol, Xavi Hernandez yang melontarkan sindiran kepada pelatih Madrid, Jose Mourinho.

Menurut Xavi, Mourinho tidak akan dicatat dalam sejarah sepak bola. Gelandang El Barca itu beralasan, pelatih asal Portugal tersebut tidak sebanding dengan Josep Pep Guardiola, mantan pelatih Barca.

"Mourinho tak akan dicatat dalam sejarah sepak bola," sebut jenderal lapangan tengah 32 tahun itu pada Canal+.

Alasan Xavi bisa diterima. Pasalnya, selama empat tahun menahkodai Lionel Messi dkk, Guardiola mengukir prestasi fantastis. Empat belas tropi disumbangkan Guardiola ke lemari piala Barca, menjadi bukti shahih kehebatan Guardiola. Pujian pun mengalir kepada pelatih 41 tahun itu karena mampu menanamkan filosofi sepak bola di Camp Nou.

Sementara Mourinho baru mampu merampas gelar La Liga Spanyol dari tangan Guardiola musim lalu sejak kedatangannya pada 2010. Kendati demikian, Xavi menilai Mourinho akan selamanya berada di bawah bayang-bayang Guardiola.

"Bagi saya yang terbaik adalah Guardiola. Dan dalam empat tahun memimpin Barca, ia telah merevolusi sepak bola," puji Xavi yang baru saja mencetak sejarah dengan membawa Spanyol sebagai negara pertama yang memertahankan gelar Piala Eropa.

"Sebagai contoh, Chelsea boleh menjuarai Liga Champions tahun ini, namun Barca tetap menjadi acuan dalam dunia sepak bola."

sumber : Canal +
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement