Rabu 04 Jul 2012 08:15 WIB

Mourinho Puji Permainan Mesut Ozil

Rep: erik purnama putra/ Red: M Irwan Ariefyanto
Cristiano Ronaldo dan Mesut Ozil.
Cristiano Ronaldo dan Mesut Ozil.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Pelatih Jose Mourinho ikut memantau langsung perkembangan 11 pemain Real Madrid yang membela negaranya masing-masing di Piala Eropa 2012. Tujuan datang langsung ke Polandia dan Ukraina dilakukan Mourinho untuk melihat kemampuan para pemainnya agar bisa diasah ketika memperkuat Los Blancos di musim depan.

Hal itu juga dilakukan sebagai rencana untuk menyempurnakan keputusannya ‘menyingkirkan’ pemain yang kontraknya tidak diperpanjang. Kepada Marca.com, Rabu (4/7), mantan pelatih Inter Milan itu berterus terang tengah mencari cara untuk meningkatkan kemampuan Mesut Ozil.

Ia percaya, gelandang timnas Jerman itu kalau diberi ruang cukup besar di lini tengah perannya sangat banyak membantu tim. Mourinho tengah memikirkan bagaimana caranya agar Ozil bisa mendapatkan penghargaan Ballon d'Or alias Pemain Terbaik Eropa di masa depan.

Dengan hanya satu gol dari titik penalti ketika menghadapi Italia di Piala Eropa, Mourinho menyatakan hal itu menjadi bagian pekerjaan rumahnya untuk meningkatkan naluri ketajaman Ozil. Ia tengah berupaya meracik strategi untuk meningkatkan daya ofensif dan statistik Ozil di lini penyerangan Madrid.

Mourinho ingin dia menjadi lebih tegas di depan gawang. Menurut pelatih berkebangsaan Portugal itu, Ozil memiliki keterampilan untuk melakukannya, tapi mungkin dia terlalu fokus pada peran sebelumnya.

Berdasarkan catatan, pada musim lalu Ozil hanya mencetak 6 gol dan menurun dibandingkan musim pertamanya di Santiago Bernabeu yang melesakkan 10 gol. “Tidak ada yang meragukan ambisinya, tetapi ia harus lebih produktif di depan gawang,” kata Mourinho.

Harapan Mourinho itu mirip dengan yang diungkapkan pelatih der Panzer Joachim Loew yang meminta Ozil bisa lebih tajam di kotak penalti lawan. Meski begitu, untuk masalah jumlah assist, tidak ada yang meragukan kemampuan Ozil. Musim lalu di La Liga Spanyol dia memuncaki daftar dengan 24 assist, lebih tinggi dari yang dilakukan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. “Dia adalah yang terbaik dari daftar 10 pengumpan di dunia,” kata Mourinho. “Semua orang suka padanya dan melihatnya sama seperti sosok (Luis) Figo dan (Zinedine) Zidane. Dia akan membuat sejarah di Madrid.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement