Sabtu 07 Jul 2012 20:46 WIB

Van Gaal Kembali Latih Timnas Belanda

Louis van Gaal
Foto: Frank Augstein/AP
Louis van Gaal

REPUBLIKA.CO.ID,DEN HAAG --  Mantan pelatih Ajax, Barcelona, dan Bayern Munich, Louis van Gaal, ditunjuk untuk menjadi pelatih tim nasional Belanda menggantikan Bert van Marwijk setelah hasil buruk mereka pada ajang Piala Eropa (Euro) 2012 lalu. "Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) mencapai kesepakatan dengan dengan Louis van Gaal untuk menjadi pelatih tim nasional Belanda," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh KNVB.

Pernyataan itu juga menyebutkan van Gaal menandatangani kontrak yang mengikat dia untuk menangani tim Oranje mulai 1 Agustus hingga selesainya Piala Dunia 2014.

Pengangkatan van Gaal itu mengakhiri spekulasi yang berkembang selepas kepergian van Marwijk yang mengundurkan diri pada 27 Juni lalu setelah Belanda tersingkir dari putaran pertama Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina. Hasil tersebut merupakan salah satu catatan terburuk Belanda dalam satu dekade.

Van Gaal (60) merupakan sosok yang memiliki banyak pengalaman, baik semasa menjadi pesepakbola dan pelatih yang membawa Ajax memenangi liga Belanda tiga kali berturut-turut pada 1994, 1995 dan 1996. Sebelumnya pada tahun 2000, dia mengambil alih kursi pelatih Belanda dari Frank Rijkaard dengan catatan hanya kalah dua kali dalam 14 pertandingan, namun dia mengundurkan diri pada 2001 ketika gagal lolos ke Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

Van Gaal juga memiliki pengalaman memimpin klub raksasa Jerman Bayern Munich ke laga final Liga Champions 2009. Dia meninggalkan klub tersebut tahun lalu. "Kami mencari pelatih yang memiliki banyak pengalaman dengan kepiawaian teknik dan pendekatan personal," kata direktur KNVB Bert van Oostveen.

Van Oostveen mengatakan reputasi van Gaal bukan hanya di tingkat nasional namun juga skala internasional yang ditunjukkan melalui dedikasi dan kepemimpinannya sebagai pelatih.

Dalam tanggapan resmi pertama sebagai pelatih Belanda, van Gaal menyampaikan kegembiraannya ditunjuk oleh KNVB. "Itu tantangan yang sudah saya tunggu-tunggu," kata Van Gaal.

sumber : antara,afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement