Ahad 08 Jul 2012 18:29 WIB

Bos DC United Bisa Majukan Sepakbola Indonesia

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Dewi Mardiani
Erick Thohir
Foto: Republika/Amin Madani
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pengamat Sepakbola, Ferril Raymond Hattu, menyambut baik rencana Erick Thohir yang akan segera menjadi bos DC United, klub sepakbola Liga AS, Major League Soccer. Baginya, hal itu sangat positif dan dapat memberi kemajuan bagi dunia sepakbola tanah air.

Pria yang juga pernah menjadi mantan kapten timnas SEA Games 1991 ini menjelaskan, dampak positif itu lantaran Indonesia bisa memiliki kesempatan lebih luas untuk menyerap bahkan menerapkan segala pengetahuan dari DC United. Pengetahuan itu mulai dari teknik bermain hingga manajemen tim.

"Sebagai pemilik, Erick tentu memiliki kewenangan untuk menghubungkan DC United dengan timnas maupun klub-klub Indonesia. Ini bisa berkontribusi bagi kemajuan sepakbola Indonesia," kata Ferril saat dihubungi, Ahad (8/7). 

Ferril menambahkan, Indonesia sebagai negara yang luas, perlu peran aktif dari segala kalangan untuk memajukan sepakbola Tanah Air. Langkah yang diambil Erick bisa menjadi salah satu cara di antaranya.

"Seluruh masyarakat termasuk stakeholder memang harus ikut membantu kemajuan sepakbola kita. Saya pun yakin, selain menjalani bisnis, Erick mempunyai misi memajukan sepakbola tanah air," tambahnya.

Seperti diketahui, Erick bersama rekannya Jason Levien, pemilik sebagian saham klub NBA Philadelphia 76ers, siap mengambil alih sebagian saham DC United. Keduanya akan menjadi partner baru Will Chang, pria yang telah lama menjadi pemilik DC United. Selain memiliki DC United, Chang juga berada dalam dewan klub Major League Soccer, San Francisco Giants.

DC United telah memenangi MLS Cup sebanyak empat kali (1996, 1997, 1999 dan 2004). kedua pemilik baru DC United ini akan berusaha membangun markas klub yang lebih representatif. Penyediaan stadion disebut-sebut sebagai prioritas utama pemilik baru.

DC United yang saat ini berada di puncak Wilayah Timur MLS, bermain di Stadion Robert F Kenedy (RFK) sejak 1996. Sudah sejak lama DC United mencari kandang yang lebih representatif ketimbang Stadion RFK yang multi fungsi. Sejak dahulu stadion ini digunakan untuk pertandingan American Footbal dan bisbol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement