Senin 09 Jul 2012 09:29 WIB

Deschamps Resmi Jadi Pelatih Prancis

Didier Deschamps
Foto: AP
Didier Deschamps

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Teka teki siapa yang bakal menukangi Timnas Prancis selepas kepergian Laurent Blanc terjawab sudah. Adalah Didier Deschamps yang didapuk sebagai nahkoda baru Les Blues.

Kabar itu disampaikan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), Ahad (8/7) malam waktu setempat. Mantan kapten Prancis itu mengantikan Blanc meletakkan jabatan setelah Les Blues tersingkir di perempat final Piala Eropa 2012. Deschamps memilih melepas jabatan pelatih Olympique Marseille demi menukangi Tim 'Ayam Jantan'.

Saat masih aktif bermain, Deschamps pernah menjadi kapten Timnas Prancis saat Les Blues berhasil mengawinkan gelar Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Kini ia mengemban tugas maha berat, yakni membawa Prancis yang digoyang isu perpecahan di tubuh pemain untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 yang bakal digelar di Brazil. Tugas pertama pelatih 43 tahun itu adalah memimpin Prancis memulai laga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Finlandia pada 9 September mendatang. Dan empat hari kemudian, Prancis bekal menjamu Belarusia.

Isu ketidakharmonisan skuat Timnas Prancis mencuat setelah Prancis digulung Spanyol di babak perempat final Euro 2012. Karena itu, FFF harus mencari nakhoda baru demi mengangkat prestasi timnas. Sebelumnya, nama Deschamps sempat tidak diperhitungkan, menyusul mencuatnya nama Zinedine Zidane yang menyatakan siap menukangi Prancis. Tapi kabar burung Zidane bakal melatih Prancis terbantahkan sudah.

sumber : Reuters/BBC Sport
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement