Sabtu 21 Jul 2012 04:07 WIB

Pemain LSI Wajib Penuhi Panggilan Timnas

Rep: abdullah sammy, irfan fitrat/ Red: M Irwan Ariefyanto
Tim Nasional PSSI
Foto: M Risyal Hidayat/Antara
Tim Nasional PSSI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) meminta para pemain yang selama ini berlaga di Liga Prima Indonesia (LPI) dan Liga Super Indonesia (LSI) bersedia dipanggil untuk bergabung bersama tim nasional (timnas). Turnamen mini Java Cup 2012, Piala AFF, pada pertandingan persahabatan, seperti melawan Valencia, harus diisi pemain terbaik Tanah Air tanpa menilai dari kompetisi apa mereka bermain. "Timnas adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua," kata Penanggung Jawab Timnas PSSI Bernhard Limbong.

Limbong menegaskan, para pemain tidak memiliki alasan lagi untuk menolak panggilan timnas. Alasannya, musim kompetisi di Indonesia semuanya sudah berakhir. Sehingga, menurut Limbong, wajib hukumnya bagi seorang pemain memenuhi panggilan jika diminta memperkuat Timnas Indonesia.

Sebagai langkah awal, PSSI akan mencoba mempersatukan perbedaan itu dalam turnamen mini Java Cup 2012 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 26-29 Juli 2012. Timnas Indonesia akan menguji kemampuannya melawan klub Liga Primer Inggris, Everton, pada 27 Juli. Jika menang atas Everton, Indonesia akan berhadapan dengan salah satu pemenang antara klub Turki Galatasaray dan Malaysia yang bermain pada laga pembuka, 26 Juli. Adapun partai final Java Cup 2012 dihelat pada 29 Juli. "Kami (PSSI) telah memerintahkan pelatih Aji Santoso untuk memilih pemain dari LSI dan LPI tanpa ada perbedaan. Siapa pun yang terbaik, merekalah yang mempunyai kewajiban membela timnas," tambah Limbong.

Limbong memberikan bocoran bahwa timnas yang berlaga di Java Cup 2012 akan diperkuat salah satu bintang LSI, Greg Nwokolo. Greg adalah striker asing asal Pelita Jaya yang telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Limbong enggan menyebut pemain LSI lain yang diincar PSSI untuk memperkuat timnas. Limbong meminta publik menunggu komposisi pemain saat pemusatan latihan yang akan dilaksanakan pada Senin (23/7).

Begitupun dengan laga persahabatan melawan Valencia pada Agustus 2012, PSSI sangat mengharapkan para pemain timnas senior diisi oleh pemain gabungan LPI dan LSI. Limbong menilai, laga melawan tim peringkat tiga La Liga itu akan sangat bermanfaat sebagai ajang persiapan Timnas Indonesia menyongsong Piala AFF di Malaysia dan Thailand pada November 2012. \"Kita tidak boleh kalah lagi dari Malaysia,\" tegas Limbong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement