Sabtu 28 Jul 2012 06:16 WIB

Timnas Garuda Muda Diliburkan Hingga Usai PON

Pasukan Garuda Muda
Pasukan Garuda Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Timnas Garuda Muda yang baru saja menyerah dari Malaysia 0-6 pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat malam (27/7) langsung diliburkan hingga usai PON XVIII-2012 di Pekanbaru.

 

"Setelah pertandingan ini pemain akan kami liburkan hingga PON usai. Setelah itu baru dikumpulkan kembali guna menjalani program latihan berikutnya," kata Aji usai pertandingan.

Sesuai dengan rencana pelaksanaan olahraga terbesar di Tanah Air itu akan dimulai 9-20 September mendatang dan mempertandingkan 39 cabang olahraga termasuk sepak bola.

Pada PON nanti pihaknya bersama jajaran pelatih lainnya akan melakukan talent scouting pemain-pemain baru yang diharapkan bisa memperkuat Timnas Garuda Muda yang diproyeksikan turun di SEA Games 2013 mendatang.

Tim yang ada, kata Aji, masih banyak kekurangannya sehingga dibutuhkan pemain baru dari semua posisi mulai pemain belakang, tengah maupun penyerang.

"Kami tetap menerapkan sistem promosi degradasi. Jadi pencarian pemain terus kami lakukan hingga kebutuhan terpenuhi," katanya menambahkan.

Timnas Garuda Muda yang dikalahkan Malaysia merupakan Timnas U-22 yang baru saja mengikuti kualifikasi Piala Asia U-22 di Pekanbaru. Tim ini dihuni pemain muda potensial hanya saja masih butuh jam terbang yang tinggi.

Pemain-pemain muda potensial itu diantaranya adalah penjaga gawang Aji Saka, pemain belakang Nurmufid Fasrabiqul Khoirot, pemain tengah Rasyid serta gelandang serang Hendra Adi Bayauw maupun Andik Vermansyah.

Aji mengaku setelah kembali berkumpul usai PON, Timnas Garuda Muda ini akan langsung menjalani program latihan yang telah dijadwalkan termasuk memperbanyak frekuensi pertandingan ujicoba termasuk ujicoba internasional.

"Frekuensi uji coba memang harus ditingkatkan. Lawan yang dihadapi kualitasnya juga harus lebih unggul," kata mantan pelatih klub Persebaya Surabaya itu.

Sesuai dengan program yang dicanangkan oleh PSSI, selain diagendakan melakukan ujicoba internasional, Timnas Garuda Muda yang diproyeksikan untuk SEA Games 2013 juga akan menjalani pemusatan latihan di luar negeri.

"Seperti rencana yang ada. Timnas juga diagendakan untuk menjalani pemusatan latihan di Belanda," kata penanggung jawab Timnas Bernhard Limbong.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement