Selasa 07 Aug 2012 23:22 WIB

Cazorla Ingin Rengkuh Banyak Trofi di Arsenal

Santi Cazorla
Foto: AFP
Santi Cazorla

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Gelandang internasional Spanyol, Santi Cazorla, mencanangkan targetnya untuk membantu Arsenal mengakhiri puasa gelar mereka setelah resmi didatangkan klub London tersebut dari Malaga dengan kesepakatan jangka panjang.

Tidak ada informasi mengenai durasi kontrak maupun harga Cazorla, meski demikian diyakini Arsenal harus membayar sekitar 16 juta pounds kepada klub Spanyol tersebut.

Cazorla (27) memperkuat timnas Spanyol sebanyak 45 kali, dan merupakan anggota tim yang menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Eropa 2012. Gelandang serang yang mampu bermain di kedua sisi sayap ini, absen saat Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan karena cedera.

Dihubung-hubungkan dengan Real Madrid di masa lalu, ia menjadi tambahan terbaru pada tim London tersebut pada musim panas ini, menyusul perekrutan bintang Jerman, Lukas Podolski, dari Cologne, dan penyerang Prancis, Olivier Giroud dari Montpellier.

Cazorla ingin membantu tim Arsene Wenger untuk meraih trofi pertama mereka, sejak menjuarai Piala FA pada 2005. "Terdapat tim yang sangat bagus di sini, dan kami ingin bertarung demi gelar-gelar, dan memenangi banyak gelar," ucapnya kepada situs resmi Arsenal.

"Klub telah melakukan langkah besar untuk mendatangkan pemain-pemain, untuk membuat tim ini menjadi lebih baik dan memenuhi harapan para penggemar."

"Saya sangat bahagia bisa berada di sini, Arsenal adalah klub besar. Saya berharap dapat memenangi beberapa trofi di sini, itulah yang saya inginkan."

Cazorla mengatakan dirinya telah berkonsultasi dengan sejumlah mantan pemain Arsenal, seperti Robert Pires dan Cesc Fabregas, mengenai transfer ini, dan tergerak dengan apa yang didengarnya.

"Robert bermain dengan saya di Villarreal. Ia tahu mengenai rumor tentang saya akan datang ke sini, dan selalu mendorongku untuk bergabung (dengan Arsenal)," ucapnya.

"Ia mengatakan padaku bahwa ini adalah klub yang sangat bagus, dan saya akan menikmati London, kota dan gerakannya."

"Sama dengan Cesc Fabregas. Ia mengatakan ini adalah klub besar, dan saya akan sangat bahagia berada di sini, ia berkata saya akan beradaptasi dengan mudah. Dan saya dapat merasakan hal itu."

Cazorla, yang merupakan pemain terbaik Spanyol 2007, meninggalkan Villareal untuk bergabung dengan Malaga pada musim panas lalu, untuk memimpin tim itu meraih posisi Liga Champions.

Berkat pengaruh dia, Malaga dapat menyelesaikan musim dengan menduduki peringkat keempat untuk mendapat hak menjalani pertandingan play off Liga Champions pada akhir bulan ini, namun dengan para pemilik klub yang berasal dari Qatar sedang mengalami masalah-masalah keuangan, Malaga kemungkinan akan dijual pada musim panas ini.

"Santi Cazorla adalah rekrutan hebat bagi kami. Ia adalah pemain yang akan menambahi kualitas signifikan pada tim kami," kata manajer Arsenal, Arsene Wenger. "Santi memiliki pengalaman bagus, baik di level klub dan internasional."

"Ia serba bisa, pemain gelandang serang yang dapat bermain dengan nyaman di kedua sisi lapangan maupun di tengah." "Ia memiliki kecepatan yang bagus, berbakat secara teknis dan akan menjadi aset besar bagi kami."

Perekrutan pemain yang dilakukan Arsenal mungkin belum berakhir sekarang, di mana gelandang Turki, Nuri Sahin, kemungkinan akan coba dipinjam dari Real Madrid. Sahin menjadi kapten Borussia Dortmund saat mereka menjadi juara Liga Jerman pada 2011, namun banyak dibekap cedera sejak pindah ke ibukota Spanyol.

Dan masih harus dinanti apakah perekrutan pemain yang dilakukan Wenger mampu membujuk Robin van Persie untuk bertahan di Stadion Emirates.

Penyerang Belanda itu, yang mencetak 37 gol pada musim lalu, menegaskan pada bulan lalu bahwa ia tidak akan memperpanjang kontraknya dengan klub yang akan habis pada musim panas mendatang.

Keputusan van Persie membuat sejumlah seperti Manchester United dan Juventus tertarik merekrutnya, namun saat ini ia masih bertahan di klub London Utara itu.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement