Rabu 08 Aug 2012 22:47 WIB

Thomas Sorensen Pensiun dari Timnas Denmark

Rep: satria kartika yudha/ Red: M Irwan Ariefyanto
Thomas Sorensen
Foto: ap
Thomas Sorensen

REPUBLIKA.CO.ID,KOPENHAGEN - Thomas Sorensen memutuskan pensiun sebagai kiper tim nasional Denmark. Keputusannya ini diambil supaya ia fokus dengan Stoke City, klub yang ia bela saat ini.

Seperti dilansir Mirror, Rabu (8/8), keputusannya mundur dari timnas juga karena usianya yang sudah 36 tahun. Sorensen menganggap sudah waktunya ia memberikan kesempatan kepada pemain lain yang lebih muda untuk membela tim dinamit.

Apalagi, mantan pemain Aston Villa ini sudah membukukan 101 caps, jumlah penampilan yang ia targetkan saat kali pertama membela timnas Denmark. "Hari ini saya mengumumkan pensiun dari karir Internasional. Saya bangga dapat berlaga bersama Denmark sebanyak 101 kali. Momen yang tidak akan terlupakan," kata Sorensen.

Kiper yang memiliki tinggi 196 cm ini memulai karir internasional-nya bersama timnas Denmark U-19 sejak April 1993. Di tahun yang sama, Sorensen langsung dipercaya sebagai pengawal gawang timnas Denmark U-21 empat bulan berselang. Saat masih berusia 17 tahun kala itu, Sorensen sudah tampil sebanyak 24 kali bersama timnas U-21.

Kiprah Sorensen bersama timnas senior baru dimulai pada 2009 di Euro 2000. Kala itu ia dipercaya sebagai kiper pengganti Peter Schmeichel, yang sedang berada di penghujung karir.

Setelah Schmeichel pensiun, Sorenses selalu menjadi pilihan utama Denmark untuk mengawal mistar gawang. Debut pertamanya sebagai kiper utama adalah kala membela Denmark di laga kualifikasi Piala Dunia 2002.

Dua tahun kemudian, tepatnya di ajang Euro 2004, Sorensen kembali dipercaya sebagai kiper utama. Ia bahkan tampil di semua laga yang dilakoni Denmark. Berkat penampilan ciamiknya dalam menghalau serangan-serangan lawan, Sorensen pernah dua kali dinobatkan sebagai man of the match dalam laga melawan Italia yang berakhir imbang tanpa gol, dan juga kala membungkam Bulgaria dua gol tanpa balas. Hanya saja, Denmark harus tersingkir di perempat final setelah Sorensen kebobolan tiga gol atas Republik Ceska.

Sedangkan di Piala Eropa 2012, Sorensen harus absen membela negarannya lantaran mengalami cedera punggung saat melakoni pertandingan persahabatan melawan Brasil di Hamburg pada Mei lalu. Stephan Andersen pun akhirnya dipilih sebagai pengganti Sorensen di bawah mistar gawang.

Sorensen bukan pemain pertama yang memutuskan pensiun dari timnas Denmark pada tahun ini. Sebelumnya, Senin (6/8), gelandang Tim Dinamit, Cristian Poulsen, juga mengumumkan pengunduran diri setelah membukukan 92 penampilan bersama Denmark. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement