Rabu 19 Sep 2012 10:53 WIB

Pendapatan Manchester United Menurun

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Manchester United
Foto: AP Photo/Scott Heppell, File
Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gagal total di kancah Eropa musim lalu ternyata membawa imbas cukup besar bagi kantong Manchester United. Pendapatan tahunan klub terkaya dunia ini dilaporkan menurun cukup signifikan. 

Sepanjang 2012, pendapatan Setan Merah turun 3,3 persen di angka 320 juta poundsterling. Jika dibandingkan, musim lalu mereka dilaporkan dapt untung hingga 334 juta pound sterling. 

Salah satu penyebab turunya pendapatan tersebut adalah gagalnya tim Setan Merah lolos dari fase grup Liga Champions musim lalu. Akibatnya pemasukan dari pendapatan hak siar menurun 11,3 persen. 

Namun demikian, masih ada beberapa catatan positif. Laba bersih klub meningkat 79,2 persen mencapai 23,3 juta poundsterling. Hasil itu didongrak pendapatan dari sektor komersial yang mencatatkan rekor di angka 117,6 juta poundsterling atau meningkat sekitar 13,7 persen.

Penghuni Old Trafford juga bisa sedikit bernafas lega dengan pembukuan utang klub. Tanggungan utang United terpangkas 12 juta poundsterling, sehingga menyisakan total 437 juta poundsterling.

Menanggapi laporan keuangan yang ini, Wakil CEO United Ed Woodward mengatakan, "Fiskal 2012 adalah tahun terbaik Manchester United di sektor bisnis komersial." 

sumber : Soccerway
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement