Rabu 19 Sep 2012 11:22 WIB

Pria Curi Dokumen AFC Ditangkap

AFC
Foto: the-afc.com
AFC

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Seseorang ditahan karena dugaan mencuri dokumen Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di markasnya di Kuala Lumpur, demikian diungkapkan pengacara kepada AFP, Rabu (19/9).

Tony Kang, suami mantan direktur keuangan AFC Amelia Gan, menyerahkan diri ke polisi, kata kuasa hukum Mohamad Bustaman Abdullah. Kang akan diadili di pengadilan di ibukota Malaysia itu dalam beberapa hari ini.

Bustaman tidak menyebutkan secara rinci apa isi dokumen itu, tetapi ia yakin isinya sesuatu yang "amat relevan". Ia juga tidak mengetahui mengapa sampai Kang melakukan sesuatu yang dituduhkan kepadanya.

AFC menyatakan kepada polisi, bahwa mereka kehilangan dokumen yang dilaporkan berkaitan dengan jumlah pembayaran aktivitas Mohamed bin Hammam, ketua AFC yang berjuang keras mengatasi tuduhan melakukan korupsi pada 2008.

Hammam juga mengeluh karena dokumen yang berisi "pembayaran pribadi" dicuri dari kantornya dan termasuk dalam audit internal AFC yang dilakukan PricewaterhouseCoopers. "Audit itu memeriksa negosiasi dan eksekusi kontrak dan .. transaksi finansial yang tercatat pada akun bank AFC serta auk pribadinya selama menjabat ketua Bin Hammam," menurut AFC.

Media Inggris melaporkan, Hammam, yang dihukum dari semua kegiatan AFC, bertemu dengan investigator AFC di London minggu ini dan berjanji menawarkan semua keterangan tentang semua pembayaran yang dilakukannya.

Bekas ketua organisasi sepak bola Asia berusia 63 tahun dari Qatar itu, sedang dihukum AFC dan FIFA dan sedang dalam penyelidikan masalah keuangan pada badan sepak bola Asia itu. Pada Juli, ia dihukum seumur hidup dari semua kegiatan sepak bola dan kasusnya disampaikannya kepada "Court of Arbitration for Sport".

Bin Hammam dijatuhi hukuman oleh FIFA tahun lalu, karena Komite Etik menuduhnya melakukan penyuapan ketika kampanye dalam usaha menggantikan Sepp Blatter sebagai ketua FIFA. Ia mengatakan tuduhan itu hanya bermotivasi politik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement