Senin 24 Sep 2012 14:16 WIB

Sepak Terjang John Terry di Timnas Inggris

John Terry
Foto: Reuters
John Terry

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- John Terry menyatakan mundur dari posisinya di tim nasional Inggris, Ahad (Senin WIB).

Keputusan itu diumumkan Terry kurang dari 24 jam sebelum sidang FA atas dugaan pelecehan rasial yang ia lakukan terhadap pemain Queens Park Rangers, Anton Ferdinand.

Keputusan itu sontak mengejutkan publik Inggris. John Terry mengucapkan terima kasih pada sejumlah pelatih Inggris yang telah memilihnya dalam 78 pertandingan internasional Inggris.

"Mewakili dan menjadi kapten bagi negaraku adalah sesuatu yang saya impikan saat masih kanak-kanak, dan itu benar-benar merupakan kebanggan besar. Saya selalu memberi segalanya dan keputusan ini sebenarnya membuatku patah hati," Terry mengatakan.

John Terry lahir 7 Desember 1980 di London. Terry bergabung dengan skuat "The Blues" saat ia menginjak usia 14 tahun. Bersama Chelsea, John Terry menjadi kapten tim paling sukses menyusul sejumlah gelar yang diraihnya seperti gelar Liga Utama Inggris pada 2005, 2006 dan 2010, serta Piala FA pada 2007, 2009, 2010, 2012 dan dua Piala Liga pada 2005 dan 2007.

Untuk karier Internasional, John Terry pertama kali melakukan debut pada tahun 2003. Dalam perjaIananya, Terry sudah bermain sebanyak 78 kali termasuk kompetisi Euro 2004 dan Piala Dunia 2006. Setelah itu, Terry mendapat kepercayaan mengenakan ban kapten oleh mantan pelatih Inggris, Steve McClaren.

Sejak saat itu, John Terry selalu mendapat kepercayaan untuk memimpin timnas Inggris di lapangan. Namun pada Februari 2010, Fabio Capello mendepak Terry dari jabatan kapten menyusul pemberitaan media terkait kehidupan pribadinya.

Puncaknya, Terry mendapat kecaman setelah dituduh melakukan perbuatan rasial terhadap pemain bertahan Queens Park Rangers, Anton Ferdinand.

Asosiasi Sepak Bola Inggris memutuskan mencopot jabatan kapten Terry sejak kasus itu bergulir.

Pada sidang awal, John Terry dibebaskan dari tuntutan karena kurangnya bukti. Namun FA menyatakan membuka kembali kasus tersebut.

Setelah mundur dari tim nasional, John Terry akan fokus dengan karirnya bersama Chelsea.

"Saya sekarang fokus untuk bermain bagi Chelsea, dan mengejar piala domestik dan Eropa, dan saya ingin berterima kasih pada para penggemar dan klub untuk dukungan terus-menerus dari mereka," Terry menegaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement