Rabu 26 Sep 2012 19:39 WIB

Boban Sarankan Pirlo Pensiun dari Timnas Italia

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
 Andrea Pirlo
Foto: Reuters/Giampiero Sposito
Andrea Pirlo

REPUBLIKA.CO.ID, FIRENZE -- Mantan playmaker AC Milan, Zvonimir Boban mengimbau agar Andrean Pirlo pensiun dari Timnas Italia. Ia berpendapat, Pirlo harus mempertimbangkan fokus pada satu pilihan, Italia atau Juventus.

Boban menyarankan Pirlo lebih mengutamakan Juve dan menanggalkan kostum tim nasional Italia. "Pirlo harus berpikir meninggalkan beberapa tugas. Saya berpikir tentang tim nasional," katanya seperti dilansir Football Italia, Rabu (26/9).

Boban menyarankan hal ini selepas melihat performa Pirlo dalam laga Juventus melawan Fiorentina di kompetisi Seri A. Dalam pertandingan itu, Juventus tampil tertekan meski kedudukan berakhir imbang tanpa gol.

Pemain Milan di era 1991-2002 itu melihat Pirlo tampil kurang bersinar sebelum akhirnya digantikan Paul Pogba. "Dia tidak pernah berhenti dan kurang terlihat sisi luar biasanya sekarang ini, karena dia terlalu banyak mempunyai komitmen," katanya.

Melihat hal ini, Boban berpendapat, Pirlo harus mulai berpikir untuk pensiun dari Gli Azzurri dan berkonsentrasi sepenuhnya untuk Juve. Tapi saran Boban belum tentu diikuti Pirlo. Mengingat pelatih Timnas Italia, Cesare Prandelli, masih membutuhkan tenaga dan pengalaman Pirlo. Apalagi Italia kini sedang berjuang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Ya, Pirlo sudah memasuki 33 tahun, namun ia masih memiliki peran sentral dalam timnya. Pirlo kini masih menjadi bagian penting dalam skema permainan Juventus dan Timnas Italia.

Musim lalu, Pirlo adalah kunci permainan Juventus sehingga merampas gelar Scudetto dari tangan AC Milan pada musim lalu. Ia nyaris selalu menjadi starter di skuat I Bianconeri.

Mantan jenderal lapangan tengah Milan ini juga menjadi pilar utama Italia menembus babak final Piala Eropa 2012. Meski usianya tak lagi muda, kemampuan Pirlo tetap dibutuhkan di klub maupun timnas.

sumber : Football Italia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement