Rabu 26 Sep 2012 22:16 WIB

Djohar: Semua Pihak Patuhi Joint Committee

Djohar Arifin
Foto: Reuters
Djohar Arifin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin berharap semua pihak terkait dengan polemik persepakbolaan nasional mematuhi hasil rapat "Joint Committe" (JC) yang telah disepakati.

"Semua harus tulus mematuhi hasil rapat JC dan tidak kembali menciptakan masalah baru. Semuanya sudah jelas dan surat dari AFC harus dijadikan pedoman," kata Djohar di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Rabu.

Pertemuan JC yang melibatkan pihak PSSI dan Komite Penyelamatan Sepak Bola Indonesia (KPSI) dan dipantau langsung oleh AFC telah terlaksana di Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (20/9). Ada empat poin yang didapat termasuk masalah timnas dan kompetisi.

Menurut dia, dengan adanya hasil rapat JC yang diikuti oleh kedua belah pihak (PSSI dan KPSI) maka tidak ada hal lagi yang bisa menghalangi bagi pemain terbaik di Indonesia untuk memperkuat timnas seperti yang terjadi selama ini.

Saat ini timnas Indonesia yang dibawah komando PSSI hanya mengandalkan pemain yang turun dikompetisi Indonesia Premier League (IPL), padahal banyak pemain potensial yang turun dikompetisi Indonesia Super League (ISL).

Dengan adanya hasil rapat JC yang menyatakan jika satu-satunya lembaga yang berwenang mengelola timnas adalah PSSI maka federasi sepak bola Indonesia berhak menggunakan jasa pemain yang turun di ISL.

"Kami telah memberikan wewenang kepada pelatih Nil Maizar untuk memanggil para pemain baik dari kompetisi ISL maupun IPL. Ini demi persiapan Piala AFF November nanti," ucap Djohar, menambahkan.

Keinginan Djohar Arifin Husin untuk menggunakan jasa pemain ISL tidak sepenuhnya lancar karena beberapa manajemen klub ISL seperti Pelita Jaya dan Persipura kurang sependapat karena tetap menginginkan JC sebagai pengelola timnas.

JC sendiri berdasarkan hasil rapat di Kuala Lumpur Malaysia hanya berada dalam posisi sebagai pihak untuk memediasi dan mengharmonisasi para pemain yang berasal dari kompetisi IPL dan ISL.

Saat ini Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF terpecah menjadi dua. Timnas pertama yang dibawah komando PSSI dilatih oleh Nil Maizar. Mayoritas pemain yang digunakan adalah pemain IPL.

Timnas kedua dibawah asuhan Alfred Riedl yang berdiri dibawah komando KPSI. Saat ini timnas yang mayoritas pemainnya diambil dari kompetisi ISL menjalani pemusatan latihan di Batu Malang.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement