Rabu 03 Oct 2012 07:36 WIB

Ballack Gantung Sepatu

Rep: Friska Yolanda/ Red: Dewi Mardiani
Michael Ballack
Foto: AP PHOTO
Michael Ballack

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mantan kapten timnas Jerman, Michael Ballack, memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia sepak bola. Keputusan mantan pemain Chelsea ini cukup mendadak karena sebelumnya ia dilaporkan tengah bernegosiasi dengan klub Amerika MLS dan klub Australia A-League.

Sepanjang karirnya, Ballack telah membela sejumlah klub Jerman seperti Kaiserslautern, Leverkusen, dan Bayern Muenchen. Ballack menghabiskan empat tahun merumput di Stamford Bridge bersama Chelsea, tepatnya 2006-2010.

"Pada usia 36 saya dapat melihat masa lalu yang indah selama menjadi pemain bola profesional," ujar Ballack, seperti dilansir laman Skysports, Selasa (2/9). Ketika kecil ia tidak pernah membayangkan akan memiliki karir sehebat itu.

Sepanjang karirnya, ia telah bermain sebanyak 585 pertandingan dengan beberapa klub. Karir Ballack melejit saat ia berkostum Bayern Muenchen. Tiga kali juara Bundesliga disabetnya dalam tiga musim berturut-turut.

Ia pertama kali menjadi pemain timnas pada 1999. Ballack memegang ban kapten pada 2008, setelah sebelumnya gagal membawa Chelsea menjadi juara Liga Champion di tahun yang sama. Sayang ia harus menyerahkan ban kapten pada 2010 lantaran absen dari Piala Dunia.

Beberapa bulan tanpa bermain bola telah membuatnya menyadari pekerjaan ini tidak akan selamanya ia tekuni. Akan ada masanya ia untuk menyerah dan melihat ke depan, bab baru kehidupannya. Ballack merasa saat ini adalah waktu yang tepat baginya untuk gantung sepatu. Ia akan memulai jalan baru bersama keluarganya.

Keluarga dan rekan di dunia sepak bola merupakan orang-orang yang berjasa dalam karirnya. "Mereka memberikan kontribusi yang besar terhadap karir saya," ujar pemain dengan nomor punggung 13 tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement