Rabu 03 Oct 2012 09:07 WIB

Akhir Karier Harry 'The Wizard of Oz' Kewell?

Harry Kewell
Foto: zimbio.com
Harry Kewell

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Para penggemar sepakbola di seluruh dunia terancam tak akan lagi melihat penampilan Harry Kewell di atas lapangan hijau. Baru-baru ini pemain yang terkenal dengan miracle lefty (kaki kiri ajaib) tersebut mengatakan berencana menutup kariernya sepakbola profesionalnya.

"Jika sesuatu (klub) muncul dan hal itu saya rasa tepat untuk saya maka saya akan mempertimbangkannya. Akan tetapi saya sebenarnya ingin menjalani karier yang berbeda," kata Kewell kepada Sky Sports.

Mantan pemain Leeds United, Liverpool, Galatasaray, dan Melbourne Victory itu kesulitan mencari klub baru sejak pindah ke Inggris Juni lalu. Pemain yang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik Australia sepanjang masa itu kembali ke negara yang membesarkan namanya itu atas permintaan istrinya yang ingin lebih dekat dengan ibunya yang sedang sakit.

Kewell sering dikait-kaitkan dengan beberapa klub seperti Stoke City, Blackburn Rovers, Middlesbrough, sampai klub-klub kecil seperti Swindon Town dan Sheffield Wednesday, namun tak ada satu pun dari klub tersebut yang benar-benar tertarik mendatangkannya. Konon hal tersebut diakibatkan tingginya permintaan gaji pemain berjuluk 'The Wizard of Oz' itu.

Selain itu keengganan sejumlah klub Liga Primer merekrut Kewell dikarenakan ia sudah lama tak bermain di level tertinggi sepakbola Inggris. Pemain berusia 34 tahun itu terakhir kalinya memperkuat klub Inggris 2008 lalu, saat membela Liverpool sebelum pindah ke klub Turki, Galatasaray. Selain itu ia juga memiliki sejarah cedera berkepanjangan yang membuat kariernya stagnan saat memperkuat The Reds.

"Sulit (untuk kembali) jika seseorang telah pergi dari negara ini dalam waktu yang cukup lama. Namun itulah yang terjadi di sepakbola," kata Kewell.

Jika Kewell benar-benar pensiun dari dunia sepakbola, maka itu adalah sebuah kehilangan besar bagi Australia. Saat masih bermain di Leeds, ia disebut-sebut sebagai salah satu pemain sayap kiri terbaik di dunia dan sempat disanding-sandingkan dengan Ryan Giggs. Sayang, gangguan cedera membuatnya gagal menyamai prestasi yang ditorehkan bintang asal Wales itu.

Kewell berjasa membawa timnas Australia, tampil di dua Piala Dunia, yakni pada Piala Dunia 2006 di Jerman dan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Tahun lalu ia juga membawa Socceroos melaju ke final Piala Asia 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement