Senin 15 Oct 2012 21:13 WIB

Loew Ungkap Kunci Tumbangkan Swedia

Joachim Loew
Foto: AP/dapd Torsten Sliz
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan bahwa menghentikan penyerang Swedia Zlatan Ibrahimovic merupakan kunci bagi tuan rumah pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia Selasa, sedangkan gelandang Jerman Sami khedira belum tentu dapat dimainkan karena cederanya.

Bintang Real Madrid Khedira menderita cedera paha dan Loew mengatakan keputusan berdasarkan kebugarannya akan diambil pada Senin malam atau Selasa pagi, menjelang pertandingan Grup C di Stadion Olimpiade Berlin.

Jika Khedira tidak mampu pulih tepat waktu, gelandang Bayern Muenchen Toni Kroos kemungkinan akan berpasangan dengan Bastian Schweinsteiger sebagai duet gelandang bertahan.

Absen saat Jerman menang 6-1 atas Irlandia di Dublin pada Jumat karena masih menjalani sanksi, kapten Jerman Philipp Lahm dapat kembali menempati posisi bek kanan dan ia akan mengawal penyerang Swedia yang bermain di Paris Saint German Ibrahimovic.

Swedia bangkit dari ketinggalan lebih dulu untuk mengalahkan Kepulauan Faroe 2-1 pada Jumat setelah Ibrahimovic mencetak gol kemenangan, dan Loew mengatakan kunci bagi Jerman untuk meraih kemenangan keempat berturut-turut di kualifikasi adalah menghentikan penyerang kekar itu.

"Ia adalah pemain berbahaya, yang dapat menentukan pertandingan dan sering menemukan solusi dalam situasi-situasi yang snagat sulit," kata Loew.

"(Kiper Jerman) Manuel Neuer tidak melakukan banyak hal saat melawan Irlandia, namun itu bukan ukuran bagi kami dan kami mengharapkan ini akan sangat berbeda."

"Swedia lebih berbahaya saat menyerang dibanding Irlandia, permainan menyerang mereka bertitik berat pada Ibrahimovic."

"Ia benar-benar tidak dapat diprediksi, namun ia memiliki kelas individual dan sering dapat menemukan solusi di situasi-situasi yang sangat sulit."

"Ia merupakan pemain kunci, namun (pemain-pemain) Swedia juga bekerja sangat baik sebagai tim dan sulit untuk mencetak gol saat melawan mereka."

"Akan sangat penting bagi kami untuk mengganggu Ibrahimovic sejak awal ketika ia menerima operan, dan tidak terlalu banyak memberi ruang padanya."

Penyerang veteran Miroslav Klose, yang mencetak gol keempat Jerman saat melawan Irlandia, akan tampil sejak awal ketika melawan Swedia, dan dengan koleksi 65 gol internasionalnya ia hanya terpaut tiga gol dari rekor gol sepanjang masa milik Gerd Mueller untuk Jerman. "Siapapun yang dapat mencetak 65 gol tidak memerlukan banyak pembicaraan perihal dirinya," kata Loew.

"Ia memainkan peran penting, ia adalah pemain yang selalu menyuarakan pikirannya secara internal." "Pemain-pemain yang lebih muda menghormatinya, sebab hidupnya berkisar seputar sepak bola."

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement