Selasa 16 Oct 2012 21:42 WIB

Indonesia Tahan Imbang Vietnam di Hanoi

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Hazliansyah
Aksi Andik Vermansyah saat berkostum Tim Nasional
Foto: Antara
Aksi Andik Vermansyah saat berkostum Tim Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Timnas Indonesia memetik hasil imbang tanpa gol dalam lawatannya ke kandang Vietnam, Selasa (16/10). Hasil ini mengulangi skor pertemuan pertama kedua tim saat bertarung di Surabaya, September lalu.

Penampilan Indonesia di hadapan 20 ribu publik di Hanoi, sempat memberi harapan di babak pertama. Melalui pergerakan Andik Vermansyah di lini depan, Indonesia kerap mengancam pertahanan tuan rumah.

Peluang terbaik untuk mencetak gol tercipta di akhir babak pertama. Berawal dari sepak pojok Andik, bola menyentuh kepala bek Vietnam dan nyaris menerobos jala tuan rumah. Namun peluang ini hanya menerpa mistar.

Performa apik Indonesia sempat berlanjut di awal bebak kedua. Lagi-lagi Andik jadi motor serangan Indonesia lewat pergerakannya dari lini kedua.

 

Di menit 54, aksi Andik yang melewati seorang pemain Vietnam, meneruskan dengan satu tendangan keras. Beruntung, bek Vietnam mampu menyapu bola di mulut gawang.

Pada pertengahan babak kedua, pelatih Nil Maizar menarik keluar Andik yang tampak kelelahan. Ditariknya Andik membuat penampilan Indonesia jadi kedodoran.

Sebaliknya, Vietnam bangkit dan mendominasi laga hingga pertandingan usai. Peluang terbaik Vietnam terjadi di menit 89. Berawal dari kesalahan Wahyu Wiji Astanto dalam menghalau bola umpan lawan, bola mengalir deras ke gawang Indonesia. Namun aksi sigap Endra Prasetya mampu menghindari Indonesia dari kekalahan.

Menjelang laga usai, Irfan Bachdim sempat terpancing emosi akibat tekel pemain lawan. Adu tensi pun sempat menghentikan sejenak jalannya pertandingan. Beruntung emosi yang meningkat tidak berkembang menjadi adu jotos.

Selepas momen itu, Indonesia nyaris mencuri gol lewat serangan balik Vendry Mofu dan Irfan Bachdim. Namun kedua peluang ini masih luput dari gawang Vietnam. Hingga wasit meniup pluit panjang, skor imbang tanpa gol bagi kedua tim tidak berubah.

Hasil imbang di kandang Vietnam ini sekaligus menutup rangkaian uji coba yang dilakukan timnas jelang Piala AFF 2012.

Setelah ini, tim asuhan Nil Maizar dijadwalkan akan menghadapi Laos dalam laga pembuka Piala AFF, 25 November mendatang di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement