Senin 29 Oct 2012 19:08 WIB

Neuer: Pertahanan Jerman Perlu Dibenahi

Manuel Neuer
Foto: Reuters/Ina Fassbender
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Manuel Neuer menilai Jerman perlu bermain bertahan. Strategi itu dilakukan agar Tim Panzer tak mudah kebobolan dalam setiap pertandingan.

"Faktanya kami perlu lebih berkonsentrasi pada pertahanan," kata Neuer seperti disadur dari AFP, Senin (29/10).

Pernyataan itu dilontarkan Neuer menyusul hasil menyesakkan saat diimbangi Swedia 4-4. Padahal dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 itu, laskar Joachim Loew sudah unggul 4-0 saat pertandingan tinggal menyisakan 30 menit.

Ini adalah kali pertama sepanjang sejarah sepak bola Jerman, tim Diesel gagal mempertahankan keunggulan empat gol. Selain itu, laga tersebut juga adalah pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir Jerman kehilangan poin dalam laga kualifikasi.

"Kami memiliki kualitas hebat pada serangan, kami selalu berada di posisi untuk setidaknya mencetak satu gol," kata kiper nomor satu Bayern Munich itu.

''Namun sebagai kiper, saya akan lebih menyukai ide tidak kemasukan sama sekali menjadi prioritas pertama kami di semua pertandingan."

Loew berada di bawah tekanan sejak Jerman takluk 0-3 dari Italia pada semifinal Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina Juni lalu. Saat itu taktik yang diterapkan Loew menuai banyak kritik. Jerman dinilai kurang seimbang dan membutuhkan perbaikan di lini belakang.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement