Selasa 30 Oct 2012 11:42 WIB

Lima Kandidat Kuat Peraih Balon d'Or: Andres Iniesta (1)

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Hafidz Muftisany
Andres Iniesta
Foto: Reuters/Javier Barbancho
Andres Iniesta

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa nama pemain terbaik dunia baru akan terjawab pada 7 Januari 2013 mendatang di Gedung Kongeresshaus, Zurich.

Namun sejumlah pengamat mulai menjagokan nama-nama yang akan bersaing memperebutkan predikat aktor sepak bola terbaik di muka bumi.Kemarin, FIFA telah mengumumkan 23 nama kandidat peraih Balon D'or.

Ke-23 pemain ini akan dipilih lewat mekanisme voting mulai bulan depan.Voting akan melibatkan kelompok jurnalis sepak bola, pelatih serta kapten tim nasional. Dari Indonesia, pelatih Nil Maizar akan memberikan suaranya.

Di pihak lain sejumlah media Eropa, mulai "mengipas" lima nama yang menjadi kandidat terkuat peraih Balon Dd’ Or. Mereka adalah:

1. Andres Iniesta (FC Barcelona).

Setelah dalam empat tahun terakhir Balon d’Or seolah jadi ajang yang diperebutkan oleh dua pemain; Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, tahun ini ada satu nama yang diprediksi akan memutus dominasi itu. Dialah Andres Iniesta.

Gelandang timnas Spanyol ini sudah membuktikan kualitasnya ketika mengantarkan timnas Spanyol meraih tiga gelar utama sepak bola dunia secara beruntun. Gelar Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012, jadi bukti "kaki midas" seorang Iniesta.

Atas prestasinya itu, Iniesta mampu mengungguli Cristiano Ronaldo saat meraih gelar pemain terbaik Eropa tahun ini. Iniesta yang pernah menjadi peringkat dua Balon d’or tahun 2010 mencoba merendah ketika membiacarakan peluangnya menjadi pemain terbaik dunia.

“Saya merasa tidak pantas bersaing dengan (Lionel) Messi untuk gelar itu. Dialah yang pantas mendapatkannya,” kata Iniesta seperti dikutip dari laman resmi FC Barcelona

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement